alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mantan Ajudan Jokowi Ditunjuk Jadi Kabareskrim Polri

M Yamin
Mantan Ajudan Jokowi Ditunjuk Jadi Kabareskrim Polri
Listyo Sigit Prabowo saat menjabat Kapolda Banten. Foto/SINDOnews

JAKARTA - Kekosongan jabatan Kabareskrim akhirnya terisi. Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim Polri yang sempat kosong selama sebulan lebih.

Penunjukan ini tertuang dalam telegram Nomor ST/32/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019). "Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

Dalam telegram tersebut, Sigit diangkat menjadi Kabareskrim. Dia sebelumnya menduduki posisi Kadiv Propam.



Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Sigit sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri.

Seperti diketahui, Firli akan segera dilantik menjadi Ketua KPK. Sementara posisi Firli akan diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Listyo Sigit merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Pada 2014 dia didapuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Kemudian, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri (Skep) Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kapolrestabes Kota Semarang lalu Kapolres Solo. Adapun pada 2012, pada saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta dengan pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara.



(msd)

loading...