Malam-malam Jenderal Bintang Dua Ini ke Perbatasan, Ada Apa?

Jum'at, 06 Desember 2019 - 22:05 WIB
Malam-malam Jenderal Bintang Dua Ini ke Perbatasan, Ada Apa?
Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto mengunjungi Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad di Kabupaten Merauke, Papua. Foto/Penerangan Divif 2 Kostrad
A A A
MERAUKE - Selama dua hari, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto mengunjungi para prajuritnya di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Kedatangan jenderal bintang dua ini ke tanah Papua, didampingi Asops Kasdivif 2 Kostrad, Kolonel Inf Septa Viandi Dwi; dan Danbrigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad, Kolonel Inf Ade David Siregar.

Sejumlah rangkaian kunjungan kerja dilakukan selama di tanah Papua. Salah satunya mengunjungi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang berada di sektor selatan perbatasan Indonesia-Papua-Nugini, tepatnya di Kabupaten Merauke.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian operasi (Dalwasops) Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, sekaligus juga melihat secara langsung kondisi para prajurit yang sedang bertugas menjaga keamanan perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Dalam kunjungannya, Tri Yuniarto beserta rombongan, mendapatkan sambutan hangat dari Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya, beserta seluruh prajurit, pelajar, dan masyarakat di Pos Kotis Bupul 1, Kampung Sipias, Distrik Eligobel, Kabupaten Merauke, Papua.

Malam-malam Jenderal Bintang Dua Ini ke Perbatasan, Ada Apa?


Kegiatan kunjungan ini juga dilakukan di Pos Kuler, yang berada di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, guna melihat langsung kondisi pos, prajurit dan bertatap muka dengan masyarakat sekitar pos.

Dihari kedua ini selain mengunjungi Pos Komando Taktis (Kotis), dan Pos Komando Utama (Kout) juga meninjau langsung prajurit yang berada di pos-pos jajaran Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, di sepanjang jalan Trans Papua Merauke-Boven Digoel.

Orang nomor satu di Divif 2 Kostrad tersebut, juga menyempatkan diri bertatap muka langsung dengan masyarakat Kampung Sipias, Distrik Eligobel, dan Kampung Sota, Distrik Sota.

Sambutan hangat dengan tarian khas dari Suku Kanum, dan Suku Yeinan, dipersembahkan sebagai simbol atas keharmonisan antara Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dengan masyarakat di medan tugasnya.

Dia juga meninjau kegiatan perpustakaan keliling yang digelar di halaman Kantor Kampung Sipias, Distrik Eligobel. Melalui kegiatan untuk membudayakan gemar membaca bagi 128 pelajar di SD Inpres Bupul 1, SD Inpres Bupul 13, dan SMP Negeri 3 Muting, yang merupakan sekolah di wilayah binaan Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad.

Malam-malam Jenderal Bintang Dua Ini ke Perbatasan, Ada Apa?


Tri Yuniarto sangat mengapresiasi kegiatan perpustakaan keliling yang di selenggarakan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad. "Ini merupakan inovasi dari satgas, selain tugas pengamanan juga melaksanakan pembinaan teritorial untuk mengatasi kesulitan rakyat, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui perpustakaan keliling," tuturnya.

Selain itu, para prajurit juga melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah-sekolah. Menurutnya, kehadiran prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad di perbatasan, harus bisa dirasakan masyarakat, termasuk turut mencerdaskan anak-anak di perbatasan.

Dia berpesan, disisa masa tugas selama empat bulan ke depan, para prajurit diharapkan terus berbuat yang terbaik untuk rakyat, selalu berkordinasi dengan semua instansi terkait untuk melaksanakan kegiatan teritorial, dan melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat serta dapat membawa perubahan positif bagi seluruh masyarakat.

"Tugas adalah kehormatan bagi setiap prajurit. Melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal berarti menjaga kehormatan kalian sebagai seorang prajurit. Selalu semangat dalam melaksanakan tugas, saya bangga dengan Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif Kostrad, karena telah memberikan kesan baik selama bertugas," ujarnya.

Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengatakan, suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad bisa menerima kunjungan Pangdivif 2 Kostrad. Motivasi dan arahan yang diberikan, tentunya akan menjadi amunisi dan semangat baru bagi para prajurit untuk menunjukkan prestasi sebagai prajurit Kostrad sejati.

Dia juga memaparkan tentang wilayah perbatasan yang menjadi tanggung jawab Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, serta memaparkan situasi terakhir wilayah Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang hingga saat ini dalam kondisi aman dan kondusif.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4078 seconds (0.1#10.140)