alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

IPW: Tunggu Gebrakan Kabareskrim Irjen Listyo Sigit

Rakhmatulloh
IPW: Tunggu Gebrakan Kabareskrim Irjen Listyo Sigit
Kabareskrim Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo.Foto/dok

JAKARTA - Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo diangkat menjadi Kabareskrim Polri yang baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang sekarang menjabat sebagai Kapolri. Penunjukan mantan Ajudan Presiden Jokowi itu berdasarkan telegram Nomor ST/32/XII/KEP./2019.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menyebut penunjukkan Listyo menjadi Kabareskrim sudah diduga sejak awal.

"Sejak naiknya Idham menjadi Kapolri, Sigit adalah calon kuat Kabareskrim baru," ujar Neta kepada SINDOnews. Namun sayangnya, kata Neta, pengangkatannya Sigit terbilang agak lama, yakni tertunda selama 36 hari.



Dia menduga Kapolri menghadapi keraguan karena Sigit masih terbilang berusia muda, yakni angkatan Akademi Kepolisian tahun 1991. "Padahal Kabareskrim dari angkatan muda juga pernah terjadi, yakni di era Suhardi Alius dan tidak ada masalah," ungkapnya.

Setelah menjabat Kabareskrim, kata dia, Sigit memiliki tugas untuk menuntaskan menuntaskan kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Terlebih sebelumnya Kapolri berjanji akan menuntaskan kasus tersebut.

Untuk itu, kata Neta, tidak ada alasan bagi Idham dan Sigit untuk tidak menuntaskan kasus tersebut. "Apakah Sigit mampu, kita tunggu saja gebrakannya," tandasnya



(msd)

loading...