alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

125 Titik di 28 Kecamatan di Yogyakarta Diterjang Angin dan Hujan

Yuswantoro
125 Titik di 28 Kecamatan di Yogyakarta Diterjang Angin dan Hujan
Angin kencang disertai hujan deras menghantam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Minggu (8/12/2019). Foto/BNPB

YOGYAKARTA - Bencana angin kencang bercampur hujan lebat menghantam beberapa wilayah yang ada di Yogyakarta, pada Minggu (8/12/2019) siang hingga petang hari.

(Baca juga: 552 Jiwa, dan 165 Rumah Terdampak Banjir Bandang di Lebak)

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, bencana ini terjadi di wilayah Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta.



Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) BNPB), Agus Wibowo, hujan angin ini melanda 125 titik di 28 kecamatan yang ada di empat kabupaten dan satu kota tersebut.

"Di Kabupaten Sleman, dilaporkan angin kencang disertai hujan deras terjadi di 57 titik yang ada di 12 kecamatan. Akibatnya 61 pohon tumbang, 32 unit rumah rusak, delapan titik akses jalan tertutup," ujarnya.

125 Titik di 28 Kecamatan di Yogyakarta Diterjang Angin dan Hujan

Selain itu, angin kencang dan hujan deras tersebut juga mengakibatkan tujuh titik jaringan listrik rusak, tiga titik jaringan telepon rusak, dua unit fasilitas umum rusak, tiga tempat usaha rusak, dan dua orang korban luka.

Di wilayah Kabupaten Sleman, angin dan hujan lebat juga memicu terjadinya longsor. Bencana longsor di satu titik tersebut mengakibatkan satu rumah rusak terkena material longsoran.

Sementara untuk di wilayah Kabupaten Bantul, Agus menyebutkan, angin kencang disertai hujan deras terjadi di 43 titik yang ada di empat wilayah kecamatan. Hal ini mengakibatkan 41 pohon tumbang, dan 17 titik akses jalan tertutup.

Angin kencang dan hujan deras di Kabupaten Bantul tersebut, juga menyebabkan 10 titik jaringan listrik rusak, enam titik jaringan telepon mengalami kerusakan, terasuk satu titik penerangan jalan umum roboh, satu titik fasilitas pemerintahan rusak, dan bangunan roboh di dua titik.

125 Titik di 28 Kecamatan di Yogyakarta Diterjang Angin dan Hujan

Sedangkan di Kabupaten Gunungkidul, kejadian bencana ada di tiga titik yang masuk dalam wilayah dua kecamatan. Akibatnya, tiga pohon tumbang, satu unit fasilitas umum rusak, dan satu rumah warga rusak.

Angin kencang dan hujan deras juga menerjang pusat Kota Yogyakarta. Yakni menerjang 19 titik di delapan kecamatan. Akibatnya, tiga rumah warga rusak, 14 pohon tumbang, dan akses jalan tertutup di dua titik.

"Bencana di pusat Kota Yogyakarta ini, juga merusak satu titik aliran irigasi, dua titik jaringan listrik, satu titik jaringan telepon, serta merusak dua unit fasilitas umum. Dilaporkan juga ada empat unit sepeda motor dan satu unit mobil rusak," ujar Agus dalam siaran persnya.

Untuk di wilayah Kabupaten Kulonprogo, angin kencang diserta hujan deras menghantam dua titik di dua kecamatan, sehingga mengakibatkan satu unit rumah warga rusak, dan satu titik jaringan listrik rusak.

Agus menyebutkan, proses penanganan pasca bencana untuk sementara dihentikan, dan akan dilanjutkan pada Senin (9/8/2019), karena kondisinya sudah gelap. "Penanganan pembersihan reruntuhan amterial akibat bencana ini dilakukan oleh petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, organisasi pemerintah daerah (OPD), relawan, dan masyarakat," tuturnya.





(eyt)

loading...