28 Tahun Haus Medali Emas, Saatnya Garuda Muda Cetak Sejarah

Senin, 09 Desember 2019 - 06:31 WIB
28 Tahun Haus Medali Emas, Saatnya Garuda Muda Cetak Sejarah
Para pemain Timnas Indonesia U-23, berlatih ringan untuk pemulihan kebugaran. Foto/pssi.org
A A A
MANILA - Tinggal selangkah lagi bagi punggawa Timnas Indonesia U-23, untuk bisa merebut medali emas dari cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 Manila, Filipina.

Satu langkah telah mereka gapai untuk masuk babak final, usai secara dramatis menumbangkan Myanmar dibabak semifinal dengan sor 4-2 melalui babak tambahan waktu 2 x 15 menit.

Indonesia sudah terlalu lama tidak mampu meraih gelar juara diajang SEA Games. Terakhir kali, Timnas Garuda ini meraih medali emas tahun 1991, saat gelaran SEA Games di Manila, kota yang sama dengan gelaran tahun ini.

Anak-anak muda tanah air ini, memiliki modal besar untuk merengkuh medali emas dengan mengalahkan Vietnam dipartai final yang bakal digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019).

Meski sempat kalah di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019, dengan skor tipis 2-1. Namun, kekuatan Andi Setydo dkk tidak boleh diremehkan. Kemenangan dibabak semifinal telah membuktikan mereka memiliki mental juara.

"Mereka membuktikan punya mental juara. Meski kebobolan dua gol dalam waktu singkat, mereka tetap merespons dengan cara positif. Kekuatan mental menjadi kunci untuk mencetak dua gol tambahan lainnya," kata pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Berbagai persiapan untuk menghadapi partai puncak, telah dilakukan oleh para pemain di bawah asuhan tim pelatih. Mereka juga telah menjalani latihan pemulihan kebugaran, pada Minggu (8/12/2019).

Indra Sjafri tentunya sudah membaca kekuatan calon lawannya di partai final, usai perjumpaan pertama di penyisihan grup. Dia juga menegaskan, anak asuhnya sudah sangat siap menghadapi partai final.

"Kekalahan di babak penyisihan Grup B dari Vietnam, menjadi motivasi tim untuk membalas dan memenangkan pertandingan ini. Pertandingannya akan sangat seru dan ketat. Saya minta pemain fokus dan tidak membuat banyak kesalahan," jelas Indra.

Dukungan juga datang dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia mengapresiasi penampilan para pemainnya hingga mampu menembus partai final SE Games 2019.

Namun, jenderal polisi bintang tiga ini tetap mengingatkan agar tim segera melakukan evaluasi untuk mempersiapkan laga final. "Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan medali emas. Tentu kita berharap dukungan dan doa masyarakat Indonesia," kata Iriawan, dilansir dari laman resmi PSSI.

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0155 seconds (0.1#10.140)