5 Tewas dan Puluhan Orang Hilang Saat Letusan Gunung White Island

Senin, 09 Desember 2019 - 16:23 WIB
5 Tewas dan Puluhan Orang Hilang Saat Letusan Gunung White Island
Gunung berapi White Island di Selandia Baru meletus, Senin (9/12/2019). Foto/REUTERS/GNS Science
A A A
WELLINGTON - Lima orang dilaporkan tewas, dan puluhan orang lainnya, termasuk turis asing masih hilang saat terjadi letusan gunung berapi White Island atau Whakaari.

(Baca juga: Astaga! di Kota Seribu Wali Ini Banyak Beredar Miras Ilegal )

Polisi Selandia Baru mengonfirmasi, sekitar 27 wisatawan kemungkinan masih berada di dan sekitar gunung White Island. Sejauh ini, sudah 23 orang yang telah dievakuasi, termasuk lima orang yang meninggal.

Deputi Komisioner Polisi Selandia Baru, John Tims, seperti dikutip The Guardian, mengatakan bahwa polisi dan tim penyelamat masih belum dapat mengakses pulau tempat gunung berapi itu berada. Kendala ini membuat polisi belum bisa memastikan berapa banyak orang yang tersisa di pulau tersebut.

"Lingkungan fisik tidak aman bagi kita untuk kembali ke pulau itu," katanya. "Sejumlah orang lainnya telah dibawa ke rumah sakit. Sejumlah orang mengalami luka bakar akibat letusan tersebut. Masih terlalu dini bagi polisi untuk mengonfirmasi berapa banyak orang yang terdampak, termasuk berapa banyak yang masih ada di pulau itu."

Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern dalam konferensi pers siang tadi mengatakan ada sekitar 100 orang yang sebagian besar turis berada di sekitar gunung tersebut saat erupsi terjadi.

"Sejumlah orang dilaporkan terluka dan sekarang dibawa ke pantai," katanya. "Itu tampaknya menjadi masalah yang sangat signifikan, terutama skala orang yang terkena dampak, pada tahap ini," lanjut dia.

Namun, polisi Selandia Baru memperbarui informasi dengan mengatakan jumlah orang yang berada di sekitar gunung kurang dari 50 jiwa pada saat erupsi terjadi.

"Meskipun pada awalnya diyakini ada sekitar 100 orang di atau dekat pulau pada saat letusan, kami sekarang percaya ada kurang dari 50 (orang)," bunyi pernyataan polisi yang dirilis di halaman Facebook-nya.

"Beberapa dari orang-orang itu telah diangkut ke pantai, namun sejumlah (orang) yang diyakini berada di pulau itu saat didata," lanjut polisi.

Polisi bekerja sama dengan Badan Manajemen Darurat Nasional untuk mengoordinasikan operasi pencarian dan penyelamatan. Zona larangan terbang telah dibuat.

Pulau ini berjarak sekitar 50 km dari North Island di Teluk Plenty yang indah dan populer, di mana para turis petualang rela mengenakan topi keras dan masker gas. Gunung berapi White Island adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Selandia Baru.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3670 seconds (0.1#10.140)