alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lakukan Tiga Amalan Ini Jika Ingin Urusan Dipermudah

Rusman Siregar
Lakukan Tiga Amalan Ini Jika Ingin Urusan Dipermudah
Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar. Foto/Dok Muslim Obsession

Semua orang tentu ingin setiap urusannya dimudahkan dan dilancarkan. Berikut amalan yang disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar.

Dai yang akrab disapa Aa Gym mengajak umat Islam agar memperbanyak berbuat kebaikan dibarengi keikhlasan agar hajat dan segala urusan dimudahkan Allah Ta'ala.

"Orang kalau mau dimudahkan urusannya salah satunya adalah memperbanyak istighfar," kata Aa Gym saat kajian bakda Dzuhur di Masjid Darut Tauhid, Jakarta Selatan.



Kata Aa Gym, santri Darut Tauhid diajarkan supaya istighfar 1.000 kali dalam sehari. "Kenapa? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) saja tanpa dosa istighfarnya 100 kali sehari, lalu kita yang banyak sekali dosanya berapa kali?" ujarnya.

Selain memperbanyak istighfar, amalan lain yaitu memperbanyak salawat dan salam kepada Rasulullah SAW.

"Kita bersalawat 1 kali dibalas 10 kali oleh Allah. Ahli salawat itu akan dimudahkan urusannya oleh Allah Ta'ala dan Insya Allah mendapat syafa'at dari Rasulullah SAW," jelas Aa Gym.

Kemudian, berusaha menolong orang lain. Jangan menunggu, tapi harus proaktif berbuat kebaikan. "Misalnya kita melihat ada orang yang motornya bensinnya habis dan dia ngedorong motor. Kita bantu keluarin bensin kita atau kasih uang buat beli bensin," ajaknya.

Aa Gym juga mengajak umat Isam agar ringan dalam bersedekah. Kalau susah bersedekah hisabnya makin berat. "Kalau kita bersedekah kita akan ditolong Allah dan yang disedekahkan juga akan tertolong," katanya.

Kuncinya proaktif dan produktif dalam beramal. Masalahnya kalau berbuat baik kita terkadang suka kurang ikhlas. "Perlukah kita mengingat jasa kebaikan? Enggak. Kalau kita menyebut kebaikan hati jadi gelisah atau tenang? Gelisah. Setiap kita gelisah itu alarm dari Allah Ta'ala," terangnya.

Demikian amalan yang disampaikan Aa Gym dalam tausiyah bakda zuhurnya. Semoga kita bisa mengamalkannya dan diberi kemudahan dan keberkahan dalam setiap urusan.



(msd)

loading...