ITS Tambah Guru Besar Ilmu Aljabar dan Tahan Gempa

Rabu, 11 Desember 2019 - 19:32 WIB
ITS Tambah Guru Besar Ilmu Aljabar dan Tahan Gempa
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menambah dua guru besarnya dari dua bidang ilmu yang berbeda. Foto/Humas ITS
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menjaga eksistensinya di dunia pendidikan dengan menambah dua guru besar dari dua bidang ilmu berbeda.

Mereka adalah Prof Dr Subiono MSc sebagai guru besar bidang Ilmu Aljabar Max Plus dan Prof Dr Ir Hidayat Soegihardjo Masiran MS sebagai guru besar bidang Ilmu Teknik Struktur dan Struktur Tahan Gempa.

Dalam orasi ilmiahnya sebagai guru besar ITS ke-121, Subiono menjelaskan secara lengkap mengenai hasil penelitiannya yang dirancang dengan judul Aljabar Max Plus dan Aplikasinya pada Sistem Transportasi Indonesia.

Untuk mencari solusi alternatif permasalahan transportasi, khususnya jalur kereta api di Surabaya, Subiono menggunakan Petri Net dan Aljabar Max Plus sebagai alat permodelannya. Aljabar Max Plus merupakan keilmuan yang berkaitan dengan Sistem Dinamik Event Diskrit (SDED).

Ide cemerlang yang menghantarkannya sebagai peraih gelar profesor pertama di Indonesia bidang tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan jalur kereta api single track (ST).

"Istilah semi-double track (SDT) lahir dengan menambahkan persimpangan di tengah-tengah jalur kereta api di antara dua stasiun utama," katanya dalam orasi ilmiahnya sebagai guru besar di Auditorium Gedung Research Center ITS, Rabu (11/12/2019).

Sementara itu guru besar ITS ke-122 Hidayat Soegihardjo Masiran menyampaikan penelitiannya yang bertajuk Sistem Disipasi (Penyerap) Gempa untuk Meningkatkan Kinerja Seismik Bangunan Sipil. "Penemuan sesar-sesar aktif di Indonesia menyebabkan peningkatan gaya gempa pada bangunan sipil dari waktu ke waktu,” kata Hidayat.

Ia melanjutkan, diperlukan inovasi sistem struktur yang tak hanya menghasilkan kinerja seismik yang baik, tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang baik. Dirinya mengimplementasikan base isolation tipe Load Rubber Bearing (LRB) dan Friction Pendulum (FP) pada jembatan-jembatan bentang besar di zona gempa. Sedangkan untuk bangunan gedung dan rumah tinggal, Hidayat menggunakan Low Base Isolation dengan pelat berlubang.

Ketua Dewan Profesor ITS Prof Dr Ir Nadjadji Anwar MSc pun berharap terjadi peningkatan guru besar di tahun-tahun selanjutnya di ITS. "Kami telah mendata dan mengkaji upaya percepatan gelar profesor di ITS sejak tahun lalu," ungkap dosen Teknik Sipil tersebut.

Selain itu, sebagai wadah layanan kepengurusan guru besar, Nadjaji berusaha meningkatkan minat para dosen untuk melakukan banyak penelitian dan meraih gelar profesornya. Sehingga kehidupan akademik bisa berjalan dengan baik.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, ITS yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dituntut untuk menjadi sumber pendapatan dalam pembangunan ITS di pendanaan internasional. Oleh sebab itu, dibutuhkan kontribusi besar dari para profesor dalam berbagai bidang ilmu.

Dalam enam bulan terakhir, katanya, terjadi penambahan sebanyak enam guru besar di kampus pahlawan ini. Sehingga terhitung sebanyak 10 persen dari 993 dosen ITS yang meraih gelar professor saat ini.

"Namun, jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, ITS masih memiliki kuantitas dosen dan profesor yang paling sedikit," jelasnya.

Ashari menuturkan, pada 2020 nanti terdapat 26 orang calon guru besar yang kini tengah diproses. "Kami optimis minimal sebanyak 16 orang profesor yang akan lahir pada 2020 nanti," kata guru besar Teknik Elektro ini optimistis.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0694 seconds (0.1#10.140)