Motor Produksi AS Cleveland Ace Scrambler 250 Rambah India

Selasa, 25 September 2018 - 10:55 WIB
Motor Produksi AS Cleveland Ace Scrambler 250 Rambah India
Ace Scrambler Cleveland CycleWerks. FOTO/ Ist
A A A
NEW DELHI - India dikenal sebagai negara yang mampu memproduksi motor untuk pasar dunia. Namun kini motor asal Amerika Serikat (AS), Cleveland CycleWerks mencoba untuk merambah pasar di negeri Taj Mahal itu.

Cleveland CycleWerks telah meresmikan dealer pertamanya di India, Mantram Cleveland. Dealer ini berlokasi di Navi Mumbai dan memperkenalkan Ace Scrambler dan Misfit.

Seperti dilansir dari Indianaautos, secara fisik, Cleveland Ace Scrambler 250 memiliki postur yang tidak terlalu bongsor dan masih proporsional untuk tubuh orang Asia, kendati setang khas motor Scrambler memang membutuhkan sedikit penyesuaian bagi pengendara. Posisi duduk dan berkendara pun tergolong santai dan nyaman, tapi karena unit motor yang Motomaxx ini telah menggunakan knalpot opsional model Scrambler, maka kaki kanan menjadi gemar menyentuh ‘heat shield’ pada leher knalpot.

Panel instrumen memiliki tampilan yang simpel, hanya spidometer dan tachometer yang duduk manis di bagian tengah setang. Karena konsep motor ini ialah Scrambler dengan karakter retro klasik, maka indikator penunjuk jumlah bahan bakar tidak tersedia. Jadi Bromaxx harus rajin memeriksa jumlah bahan bakar secara manual. Tak usah khawatir jika motor terasa mulai tersendat, karena cukup dengan memutar keran pada jalur bahan bakar, Bromaxx pun dapat melaju normal lagi menuju stasiun pengisian bahan bakar terdekat.

Mesin yang diusung oleh Ace Scrambler 250 ini ialah satu silinder overhead valve (OHV) berpendingin udara yang memiliki kapasitas 229 cc dan bertenaga 14 hp. Bromaxx mungkin sedikit heran, kenapa Cleveland CycleWerks masih menggunakan mesin tipe OHV tersebut. Alasannya adalah untuk kemudahan perawatan dan reliabilitas penggunaan.

Mesin ini masih didukung oleh karburator PZ30 sebagai sistem bahan bakarnya, lagi-lagi demi karakter retro klasiknya. Mesin OHV memang terdengar sedikit kasar, tapi memiliki karakter torsi yang tersedia di putaran bawah. Motomaxx merasakannya langsung saat membesutnya di lalu-lintas padat. Transmisi 5-speed pada motor ini memiliki rasio yang cukup baik, dengan rasio gigi 3 dan 4 yang cukup panjang.

Sistem pengereman Cleveland Ace Scrambler 250 didukung oleh rem cakram hidrolis di roda depan dan roda belakang. Velg alumunium berdiameter 17 inci dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 untuk depan dan 130/70-17 untuk belakang. Bobot Cleveland Ace Scrambler 250 hanya sekitar 126 kg, sehingga pengendara dapat berkendara secara dinamis saat melaju di jalan raya maupun ketika di jalanan kurang mulus.

Cleveland Ace Scrambler 250 berbasis dari Ace Deluxe 250 ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang atraktif, yakni hijau dan oranye seperti yang Motomaxx gunakan kali ini. PT Sumatra Motor Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merk Cleveland CycleWerks di Indonesia, memasarkan Cleveland Ace Scrambler 250 dengan harga Rp54,5 juta (off the road).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3220 seconds (0.1#10.140)