Mau Turunkan Berat Badan, Ini Tips Suksesnya

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB
Mau Turunkan Berat Badan, Ini Tips Suksesnya
Banyak orang kesulitan saat menjalani diet. Salah-salah berat badannya justru bertambah. Foto/Istimewa.
A A A
SURABAYA - Dengan diet dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Namun, tak jarang ada yang kesulitan menjalankan diet. Bahkan berat badannya terus melonjak naik. Umumnya, hal ini disebabkan pola diet yang dijalankan tidaklah tepat.

Kondisi ini kerap ditemui ahli gizi klinis dr Cindiawaty Josito MARS MS SpGK. Agar diet berjalan sukses, dr Cindy menyarankan untuk membuang seluruh camilan khususnya camilan yang tidak menyehatkan dan menggantinya dengan buah-buahan.

"Buah-buahan yang baik untuk diet itu apel. Cara makannya jangan di kupas kulitnya, cuci bersih aja. Terus tidak hanya itu, mengunyah apel pun haruslah pelan-pelan. Sehingga, ketika masuk waktu makan akan merasa kenyang," kata dr Cindy.

Selanjutnya, hindari minuman manis yang mengandung tinggi kalori. Meski terasa lezat, namun banyak mengonsumsi minuman tinggi kalori bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan dan diabetes. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

"Sebab, orang beranggapan itu hanya minum saja dan melupakan kandungan kalorinya. Alhasil, banyak orang yang sulit untuk menurunkan berat badan," jelasnya.

Agar diet berhasil, pastikan juga untuk mengkonsumsi makanan seimbang. Dalam satu piring saji, dr Cindy menyarankan untuk mengisinya dengan karbohidrat, lemak, protein dan serat. Sayangnya, justru banyak orang yang menghindari karbohidrat saat diet. Padahal tubuh tetap membutuhkan karbohidrat.

Sedangkan untuk sayur, dr Cindy menyarankan mengkonsumsinya terlebih dahulu agar lebih kenyang. Cara ini bisa mencegah Anda untuk makan tidak berlebihan. Terakhir, yang juga harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Olahraga yang dianjurkan tidak perlu berat, cukup berjalan cepat minimal 30 menit dan 5 kali dalam seminggu.

"Orang diet pikir nggak butuh karbohidrat. No. Kita butuh karbohidrat tapi pilih yang kompleks yang penyerapannya pelan. Tambah bahan makanan lain, sayur, serat, protein. Protein, lemak penting. Harus dikonsumsi sesuai kebutuhan. Itu berati makan lengkap. Jangan lupa cairan, 8 gelas sehari. Sering saya dapetin, dietnya salah. Berat badannya turun 10 kilo ternyata ototnya turun 20 kilo. Harus lemak yang turun," tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8104 seconds (0.1#10.140)