Usai Gunduli Singo Edan, Bajol Ijo Mantab di Papan Atas

Jum'at, 13 Desember 2019 - 14:27 WIB
Usai Gunduli Singo Edan, Bajol Ijo Mantab di Papan Atas
David Da Silva menjadi momok bagi lini belakang Arema FC, saat Persebaya Surabaya menggunduli Arema FC 4-1 di Stadion Batakan, Balikpapan. Foto/persebaya.id
A A A
SURABAYA - Predator Persebaya Surabaya, David Da Silva memenuhi janjinya mambawa kemenangan saat laga melawan Arema FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12/2019).

Kecerdasan bomber asal Brazil itu membawa tim Bajol Ijo membungkam Arema FC 4-1. Green Force mengawali pertandingan dengan motivasi tinggi. Mereka mampu menghentikan kreativitas lini tengah Arema FC yang dikomandoi Makan Konate.

Sementara lini depan Persebaya tampil trenginas. Hasilnya dua gol yang dipersembahkan Aryn Glen Williams dan David Da Silva membawa Persebaya unggul 2-0 atas Arema FC di babak pertama.

Saat memasuki babak kedua, Persebaya langsung mendapat ancaman melalui tembakan keras Makan Konate. Namun hanya menghasilkan sepak pojok karena mengenai badan Hansamu Yama Pranata. Arema kembali mengancam lewat sepakan bebas Alfin Tuasalamony, tapi melebar di sisi kanan gawang Persebaya.

Pertahanan Persebaya yang menurunkan duet Hansamu Yama dan Otavio Dutra tetap solid. Ancaman dari Singo Edan tak membuat Persebaya terburu-buru membalas. Ruben Karel Sanadi dkk tampil sabar mencoba mengatur tempo serangan. Tetapi masih belum menghasilkan ancaman berarti ke pertahanan Arema FC.

Hingga laga memasuki menit ke-60, Persebaya memiliki satu kesempatan melalui kombinasi Diogo Campos dan David Da Silva. Sayang wasit lebih dulu meniup peluit lantaran menilai David Da Silva melakukan pelanggaran. Tak lama berselang Miswar Saputra dan Abu Rizal Maulana menghalau ancaman dari tembakan keras Makan Konate.

Pada menit ke-75, dua peluang diciptakan Persebaya melalui Diogo Campos. Sayang masih bisa dihalau kiper Arema Utam Rusdiana. Hingga akhirnya upaya Diogo Campos berbuah manis tiga menit kemudian. Pemain berpaspor Brazil sukses menjebol gawang Arema lewat umpan Aryn Williams. Persebaya menambah keunggulan menjadi 3-0 atas Arema FC.

Mendekati akhir pertandingan, Persebaya kembali mendapat tekanan dari Arema FC. Hingga akhirnya gawang yang dikawal Miswar Saputra harus bergetar melalui tembakan Hamka Hamzah pada menit ke-90+2. Tetapi Persebaya berhasil mencetak gol keempat memastikan tiga angka melalui sontekan David Da Silva jelang peluit panjang.

Dengan hasil ini posisi Persebaya langsung terkerek di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1. Kemenangan melawan Arema berarti penting bagi Tim Bajol Ijo. Terutama untuk merebut kembali hati Bonek dan Bonita yang sempat piutus asa dengan performa Persebaya di pertengahan musim.

Kemenangan ini membawa Persebaya, menggusur Madura United di papan klasemen sementara Liga 1. Saat ini Persebaya nangkring di posisi empat, dengan mengumpulkan 48 poin, hasil 32 pertandingan. Dan hanya berselisih satu poin dengan Borneo FC, dan Persipura Jayapura yang berada di peringkat dua dan tiga.

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.9783 seconds (0.1#10.140)