Tekanan Meningkat, Pemimpin Hong Kong Kunjungi Beijing

Minggu, 15 Desember 2019 - 09:06 WIB
Tekanan Meningkat, Pemimpin Hong Kong Kunjungi Beijing
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam berbicara di Hong Kong. Foto/REUTERS
A A A
HONG KONG - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengunjungi Beijing, Sabtu (14/12/2019). KUnjungan ini memunculkan spekulasi tentang perubahan kabinet pemerintahannya.

Kedatangan Lam ke Beijing ini menjadi kunjungan pertama sejak pemerintahannya kalah dalam pemilu lokal bulan lalu.

Selama kunjungan empat hari, Lam akan membahas situasi politik dan ekonomi di Hong Kong dengan para pejabat China. Lam akan bertemu Presiden China Xi Jinping pada Senin (16/12/2019).

Hong Kong mengalami unjuk rasa setiap hari dalam enam bulan terakhir. Pengunjuk rasa awalnya menuntut pencabutan rancangan Undang-undang ekstradisi namun kini berubah menjadi tuntutan kebebasan demokrasi lebih luas.

"Ketulusan kami berdialog dengan warga tidak berubah," ungkap Lam di Facebook. Dia menyatakan tim pemerintahannya akan terus mendorong format dialog berbeda untuk mendengarkan warga secara tulus.

Pekan ini Lam menyatakan perombakan kabinet bukan tugas yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Dia akan fokus pada upaya memulihkan hukum dan ketertiban di Hong Kong.

Meski demikian, ada keraguan tentang berapa lama China akan mendukungnya, terutama setelah para kandidat pro-demokrasi menang hampir 90% kursi dalam pemilu distrik bulan lalu.

China mengecam kerusuhan di Hong Kong dan menyalahkan intervensi asing. Beijing menyangkal tuduhan mencampuri masalah Hong Kong.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5095 seconds (0.1#10.140)