Sisir Perbatasan, Prajurit Yonif Raider 509 Layani Kesehatan

Minggu, 15 Desember 2019 - 11:00 WIB
Sisir Perbatasan, Prajurit Yonif Raider 509 Layani Kesehatan
Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Yuruf, Distrik Web, Kabupaten Keerom. Foto/Dok.Yonif Raider 509
A A A
KEEROM - Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, menyisir wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini di Pos Yuruf tersebut, memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Yuruf, Distrik Web, Kabupaten Keerom.

Danpos Yuruf, Lettu Inf. Ryan Krisna mengatakan, kegiatan tersebut selain melaksanakan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, anggota satgas berjumlah lima orang yang dipimpin oleh Serda Herwanda selaku tim kesehatan, juga melaksanakan anjangsana kepada masyarakat.

Kehadiran tim kesehatan satgas di Kampung Yuruf, mendapatkan respons yang baik dari warga sekitar, khususnya Ondoafi (Kepala Kampung) Kampung Yuruf, Almos (54).

Dia mengatakan, bahwa kegiatan tersebut secara langsung telah menciptakan jalinan komunikasi yang erat antara TNI dan masyarakat, yang selama ini sudah baik dan akan menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan tersebut tim kesehatan juga memberikan arahan kepada warga untuk selalu menjaga kesehatan dan merawat kebersihan di sekitar rumah, agar tidak mudah terserang penyakit. Mengingat rumah mereka sendiri terlalu dekat dengan hutan sehingga banyak nyamuk yang menyerang warga Kampung Yuruf.

Tim kesehatan satgas juga memberikan bubuk abate atau obat pemberantas jentik nyamuk di air, agar nyamuk tidak berkembang biak di sekitar rumah mereka terutama di bak mandi.

Dansatgas Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, Letkol Inf. Wira Muharromah mengatakan, bahwa Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, selain bertugas melaksanakan tugas menjaga pengamanan perbatasan, juga melaksanakan tugas-tugas lain di antaranya Pembinaan Teritorial (Binter) kepada masyarakat perbatasan.

"Kegiatan Binter ini dilakukan, agar tercipta hubungan silaturahmi yang baik antara anggota satgas dengan masyarakat perbatasan, sehingga ada sinergitas antara satgas dengan masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas ke depan," tuturnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.2011 seconds (0.1#10.140)