Aksi Prajurit Yonkes 2 Kostrad Selamatkan Korban di Tol Cipali

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:48 WIB
Aksi Prajurit Yonkes 2 Kostrad Selamatkan Korban di Tol Cipali
Prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, menyelamatkan penumpang bus Al Ghozali yang terguling di Tol Cipoko-Palimanan (Cipali). Foto/Dok.Yonkes 2 Divif 2 Kostrad
A A A
CIPOKO - Aksi heroik dilakukan oleh sebanyak 23 prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, saat menyelamatkan para korban kecelakaan di Tol Cipoko-Palimanan (Cipali).

Kecelakaan ini menimpa bus Al Ghozali yang mengangkut 35 penumpang, dan sedang melintas di Tol Cipali, kilometer 122, pada Sabtu (14/12/2019).

Para prajurit di bawah pimpinan Letda Ckm. dr. Andri Markhoni yang sedang perjalanan pulang ke Kota Malang, melihat terjadi kecelakaan di jalan Tol Cipali, dan langsung melakukan upaya penyelamatan terhadap para korban.

"Para prajurit turun dari bus, dan langsung membongkar paksa lubang ventilasi udara bus yang terguling ke kanan, untuk mengevakuasi korban yang terjebak di dalam bus, karena pintunya tidak bisa dibuka," ujar Andri.

Andri menjelaskan, prajuritnya sedang menuju ke Kota Malang, setelah selesai melaksanakan pendidikan terjun para dasar di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Kopasus) Batujajar.

"Pada saat melintasi Tol Cipali, kami berjalan di belakang Bus Al Ghozali. Sekitar pukul 14.30 WIB. Tiba-tiba bus tersebut oleng dan terguling ke kanan keluar jalan tol. Melihat kejadian itu secara spontan saya memerintahkan untuk berhenti, dan mengerahkan anggota Yonkes 2 Dibif 2 Kostrad, memberikan pertolongan. Dengan sigap seluruh anggota turun dari truk untuk membantu para korban," terangnya.

Aksi Prajurit Yonkes 2 Kostrad Selamatkan Korban di Tol Cipali


Tindakan yang dilakukan oleh prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad selain mengevakuasi penumpang yang terjebak di dalam bus, juga memberikan pertolongan pertama kepada para korban, serta mengatur lalu lintas agar arus tetap lancar dan tidak menimbulkan kemacetan.

"Setelah kami melakukan pemeriksaan terhadap para korban, kami mendapati penumpang yang mengalami luka patah tulang pada tangan kiri, atas nama Ny. Supiarti (42) warga Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Kemudian kami memberikan pertolongan pertama di lapangan dengan cara memviksasi terhadap tangan kiri korban agar tidak semakin parah," terang Andri.

Setelah memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan, tidak lama kemudian Polisi Jalan Raya (PJR) dan petugas Jasa Marga tiba di lokasi kecelakaan. Selanjutnya para korban dievakuasi oleh ambulans Jasa Marga menuju rumah sakit Mitra Plumbon, untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut

Diketahui Bus Al Ghozali dengan nomor polisi AA 1439 ED mengangkut para peziarah Walisongo yang berasal dari Kabupaten Jember, selesai berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, dilanjutkan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, kemudian di tengah perjalanan kembali menuju Kabupaten Jember, terjadi kecelakaan tersebut.

Mendapat laporan tindakan yang dilakukan oleh Letda Ckm dr. Andri Markhoni beserta para anggota Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, Danyonkes 2 Divif 2 Kostrad, Letkol Ckm dr. Djeffri Frederik Longdong menghimbau kepada seluruh anggota dimanapun berada, harus mengedepankan tindakan kemanusiaan dan harus mampu memberikan pertolongan kepada siapapun yang membutuhkan.

"Saya sangat bangga tehadap kesigapan prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad dalam menangani korban kecelakaan di Tol Cipali ini, harapan saya semoga seluruh prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan, terus berbuat yang terbaik, tulus, dan ikhlas untuk masyarakat," tegasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3088 seconds (0.1#10.140)