Hujan Deras Disertai Angin Kencang Hancurkan Talud di Blitar

Senin, 16 Desember 2019 - 17:42 WIB
Hujan Deras Disertai Angin Kencang Hancurkan Talud di Blitar
Hujan deras membuat talud jalan di kawasan Desa Balerejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, ambrol. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Desa Balerejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, membuat talud jalan di desa tersebut ambrol.

Wlingi merupakan salah satu dari empat kecamatan di Kabupaten Blitar, yang masuk daftar wilayah rawan bencana tanah longsor. Selain Wlingi, kecamatan rawan longsor lainnya adalah Doko, Gandusari, dan Selorejo.

"Untungnya material tidak sampai mengenai rumah warga," ujar Kapolsek Wlingi Kompol Purdiyanto kepada wartawan, Senin (16/12/2019). Luncuran material tanah bercampur batu dari ambrolan talud itu mengarah ke permukiman warga. Beruntung hanya berhenti di halaman rumah.

Material menimbun halaman rumah Tumilah (62). Pemilik rumah memang tidak mengungsi. Namun mencemaskan terjadinya longsor susulan. Hal itu mengingat hujan mengguyur setiap hari.

Menurut Purdiyanto, setelah berkoordinasi dengan BPBD dan Koramil, petugas dan warga bersama sama melakukan pembersihan. "Material longsoran kita tangani bersama sama," terangnya.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan sedikitnya ada empat kecamatan di Kabupaten Blitar, yang rawan musibah longsor. Apalagi intensitas hujan akhir-akhir ini mulai tinggi. Keempat kecamatan itu di antaranya Wlingi, Doko, Gandusari, dan Selorejo yang secara geografis memiliki kawasan perbukitan.

Karenannya Heru mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan. "Selain longsor yang patut diwaspadai juga ancaman musibah puting beliung," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5354 seconds (0.1#10.140)