Prajurit Kostrad Ini Gelar Pengobatan di Pedalaman Papua

Senin, 16 Desember 2019 - 18:57 WIB
Prajurit Kostrad Ini Gelar Pengobatan di Pedalaman Papua
Hari Juang TNI AD, diperingati oleh prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dengan menggelar pengobatan keliling di pedalaman Papua. Foto/Dok.Yonif Mekanis Raider 411
A A A
MERAUKE - Maknai Hari Juang TNI AD, para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, penuh semangat menggelar pengobatan keliling di pedalaman Papua.

(Baca juga: Demi Kesehatan Balita Papua, Prajurit Kostrad Ini Gelar Posyandu )

Para prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini tersebut, mendatangi rumah-rumah warga yang berada di daerah pedalaman Papua, yakni di wilayah Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua.

Dansatgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengungkapkan, ada banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh prajurit TNI AD di seluruh Indonesia, dalam memaknai peringatan Hari Juang TNI AD.

Salah satu kegiatan positif itu, dilaksanakan prajurit Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dengan menggelar pengobatan keliling bagi warga Kampung Kondo.

Lebih lanjut dia menyebutkan, dalam kegiatan ini enam personel Pos Kondo, yang dipimpin oleh Letda Inf. Ulivo Dicky Pambudi selaku Komandan Pos (Danpos Kondo), berkeliling kampung mendatangi rumah-rumah warga guna memberikan layanan pengobatan keliling kepada masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman.

"Selain pengobatan keliling pada momentum Hari Juang TNI AD, kegiatan ini juga sekaligus sebagai anjangsana guna mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat, agar tercipta hubungan harmonis antara prajurit TNI dengan warga. Kegiatan ini juga untuk membangun komunikasi langsung dengan masyarakat, dan mendengarkan keluh kesah mereka," ucap alumni Akmil tahun 2003 tersebut.

Pada pengobatan tersebut, Pratu Bambang Pohan, dan Pratu Redi Triyantoro sebagai Tamtama Kesehatan (Takes Pos Kondo) memberikan pelayanan kesehatan kepada warga meliputi pemeriksaan tekanan darah, dan pemberian obat bagi warga yang sedang sakit seperti pilek, batuk, demam, gatal, sakit pinggang dan diare.

Danki D Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Lettu Inf. Aprianto Trianggoro Putro mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya yang dilaksanakan oleh anggota Pos Kondo untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga Kampung Kondo yang letaknya berada di pedalaman.

"Secara rutin kegiatan pengobatan keliling ini dilaksanakan setiap dua hari sekali, yang membedakan pada pengobatan kali ini adalah dimomen Hari Juang TNI AD yang kita maknai dengan mengajak warga untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, selalu bangga menjadi bagian dari NKRI,” tuturnya.

Sementara itu salah satu warga Kampung Kondo, Alowisius Gebze menyampaikan rasa terimakasih kepada para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang selalu peduli dengan kesehatan warga di pedalaman.

"Kami sangat terbantu dengan pengobatan yang sering di laksanakan prajurit dari Pos Kondo, karena untuk ke Puskesmas kami harus menempuh jarak yang cukup jauh," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6345 seconds (0.1#10.140)