10 Lagu K-pop Terbaik, Mana Judul Favorit Kamu?

Selasa, 24 Desember 2019 - 17:05 WIB
10 Lagu K-pop Terbaik, Mana Judul Favorit Kamu?
Lagu Boy With Luv yang dinyanyikan BTS dan Halsey jadi lagu K-pop paling terkenal tahun ini. Foto: YouTube Ibighit
A A A
SEOUL - Walaupun industri K-pop tahun ini penuh dengan tragedi dan skandal, tapi gak bisa disangkal bahwa K-pop makin merajai industri hiburan dunia. Berbagai penghargaan dan konser dunia yang selalu ramai jadi buktinya.

Nah, sepanjang 2019, pastinya ada lagu-lagu terpilih yang layak masuk dalam daftar 10 lagu K-pop terbaik. Daftar ini dibuat berdasarkan tangga lagu internasional, jumlah penonton video YouTube, penghargaan, reaksi para penggemar, dan ulasan kritikus musik.

Berikut hasilnya, dikutip dari China South Morning Post. Semoga lagu favorit kamu tahun ini ada, ya!

1. BOY WITH LUV - BTS feat HALSEY
Gak lengkap ngomongin K-pop kalo gak nyebut BTS, makanya kalo nyebut lagu ini ada di posisi pertama, pasti gak ada yang protes. Dengan musik penuh semangat, lagu ini menggambarkan kedewasaan dan perubahan yang mesti dimulai dari diri sendiri.

Lagu ini juga adalah respons dari lagu mereka pada 2014, "Boy in Luv", yang menceritakan obsesi mereka pada cewek-cewek yang mereka suka.

2. KILL THIS LOVE - BLACKPINK
"Kill This Love" jadi video K-pop yang paling banyak ditonton pada 2019, yaitu sebanyak 687 juta kali. Lagu ini juga membuat Blackpink makin menancapkan kukunya dalam industri musik dunia, termasuk jadi girl group K-pop pertama yang tampil di festival musik bergengsi Coachella.

3. FEEL SPECIAL - TWICE
Lagu ini bukan cuma punya musik yang asik, tapi juga lirik yang bagus dan penting tentang mencintai diri sendiri. “I just wanted to hide / Didn’t wanna face the world / As if everything has lost meaning / As if I have lost meaning. Lirik ini terasa pedih karena salah satu personelnya, Mina, harus rehat karena mengalami gangguan kecemasan berlebih atau anxiety.

Lagu ini juga memberikan harapan buat para pendengarnya, saat Momo dan Tzuyu melanjutkan lirik tersebut dengan kalimat, “Then you appeared before me with a warm smile / You held out your hand / Everything’s all right.” Bikin semangat!

4. BLUEMING - IU
Tahun ini, IU memang lagi akrab dengan Dewi Fortuna. Semua karya yang ada IU-nya pasti sukses. Selain drakor "Hotel del Luna", lagu ini juga bisa jadi contohnya. Lagu pop ini diproduseri oleh IU langsung, dan musiknya sangat melankolis sekaligus manis.

5. GOTTA GO - CHUNG HA
Chung Ha sudah memulai kariernya sejak beberapa tahun terakhir, tapi baru tahun ini namanya benar-benar moncer banget. Salah satunya berkat lagu dance-pop yang emosional ini. "Gotta Go" bahkan disebut Billboard sebagai salah satu lagu K-pop terbaik sepanjang 10 tahun terakhir. Jadi gak heran kalo lagu ini juga sering disebut-sebut dalam penghargaan musik.

6. ROOFTOP - N.FLYING
K-pop dapat atmosfer berbeda saat lagu dengan sedikit sentuhan rock manis dari band N.Flying ini jadi terkenal. Bahkan sampai sekarang pun, musiknya masih terdengar catchy banget.

7. JOPPING - SuperM
Inilah 'supergroup' yang isinya adalah member Shinee, Exo, NCT 127, dan WayV. Single pertama mereka, "Jopping", adalah lagu pop yang bakal kedengaran gokil banget kalo didengar langsung saat konser. Lagu ini juga pernah dinyanyikan saat acara The Ellen DeGeneres.

8. DALLA DALLA - ITZY
Salah satu girl group baru yang bersinar pada tahun ini. Bayangkan aja, video "Dalla Dalla" di YouTube ditonton 17,1 juta kali hanya dalam waktu 24 jam! Mereka merayakan semangat pede dengan berteriak lantang, "I love myself!"

8. 9 AND THREE QUARTERS (RUN AWAY) - TOMORROW X TOGETHER
Dalam single debutnya ini, Tomorrow X Together (TXT) merilis lagu yang gak cuma energik dan impresif, tapi juga lirik yang inspiratif tentang anak-anak muda yang mengejar mimpi. Musiknya sedikit 'aneh', tapi juga catchy.

10. HOW CAN I LOVE THE HEARTBREAK, YOU'RE THE ONE I LOVE - AKMU
Lagu balada selalu punya tempat dalam K-pop, termasuk yang satu ini. Lagunya enak banget, dan menunjukkan kedewasaan para personelnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9863 seconds (0.1#10.140)