Menpora Optimistis Piwali Surabaya Tak Ganggu Persiapan Piala Dunia U-20

Jum'at, 27 Desember 2019 - 19:45 WIB
Menpora Optimistis Piwali Surabaya Tak Ganggu Persiapan Piala Dunia U-20
Pemandangan Gelora Bung Tomo Surabaya.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali optimistis Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mampu mempersiapkan dengan baik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) guna Piala Dunia U-20 2021. Padahal di tahun tersebut digelar Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya

Plt Ketua DPD Golkar Jatim itu mengaku sempat khawatir persiapan stadion GBT menjadi terganggu akibat Pilkada serentak tahun 2020. Terutama akses menuju ke stadion. Tapi dia percaya semua persiapan berjalan sesuai rencana.

“Saya yakin komitmen Pemkot Surabaya untuk menyelesaikan sangat besar. Saya juga yakin kalau Pemprov dan Pemkot bersama mempersiapkan agar Piala Dunia U-20 2021 berlangsung sukses,” katanya, Jum’at (27/12/2019).

Pria yang kerap disapa ZA ini juga menyatakan perlu dipersiapkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Joko Samudro Gresik. Sebab, kedua stadion tersebut digunakan sebagai stadion penunjang untuk tempat latihan.

Sehingga baik GBT, Gelora Delta Sidoarjo, dan Joko Samudro harus memenuhi standard FIFA. “Saya optimistis Stadion GBT tetap terpilih menjadi salah satu tempat gelaran Piala Dunia U-20 2021,” terangnya.

Dia mengajak semua pihak ikut bekerja keras memperbaiki kekurangan di sejumlah stadion tersebut. Saat ini, pihaknya tengah mematangkan pembentukan Instruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Kepres) terkait gelaran Piala Dunia U-20.

Menurutnya hal ini dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, serta pembentukan kepanitian dan pembagian kewenangan seperti di Asian Games. “Misalnya, pembentukan timnas pada PSSI, pembangunan stadion di Kementerian PUPR, serta kemanan di Kepolisian. Semoga awal tahun ini sudah selesai semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku siap membantu kesuksesan Stadion GBT menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Pihaknya akan mendukung penuh apapun yang diperlukan, dalam rangka perbaikan segala macam fasilitas stadion.

“Berdasarkan informasi yang kami terima telah ada penganggaran di APBD 2020, dan juga ada pengerjaan yang sedang berlangsung di Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya,” katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6669 seconds (0.1#10.140)