Momen Ketika Jokowi Dibentak Hingga Dipanggil Pak Menteri

Sabtu, 28 Desember 2019 - 10:06 WIB
Momen Ketika Jokowi Dibentak Hingga Dipanggil Pak Menteri
Presiden Jokowi memberikan kuis kepada Umat Kriten yang menghadiri Perayaan Nasional 2019 di SICC, Sentul, Bogor, Jumat (27/12/2019) Foto/SINDOnews/dita angga rusiana
A A A
BOGOR - Riuh tawa menggema di Sentul International Convention Center (SICC) saat Perayaan Natal Nasional 2019. Saat itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta beberapa jemaat yang hadir naik panggung. Salah satunya adalah Fiorentina, asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Momen saat Fiorentina maju ke depan pun sudah mencuri perhatian. Pasalnya saat Presiden meminta agar jemaat asal NTT maju, dia langsung berlari dari ujung kanan tempat duduk di SICC menuju panggung. Bahkan tanpa mengenakan sepatu. "Kok sampai engga pakai sepatu?," tanya Presiden dan disambut tawa hadirin di SICC.

Kemudian Jokowi meminta nama lengkap Fiorentina. Namun anak tersebut menyebut namanya begitu panjang dan cepat. Akhirnya Jokowi hanya meminta agar menyebut nama panggilan.

"Fiorentina," jawab Fiorentina.

"Violet?," tanya Jokowi.

Dengan nada tinggi Fiorentina kembali menyebut namanya. Jokowi pun tertawa. "Presiden dibentak," katanya disambut tawa.

"Ini dibentak atau micnya?," tanya Jokowi lagi.

"Micnya pak," kata Fiorentina.

Setelah itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bingung mau menanyakan apa kepada Fiorentina. Namun dia akhirnya meminta Fiorentina untuk menyebutkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Sekarang kita memiliki Kabinet Indonesia Maju. Sebutkan tiga nama menteri dan jabatannya,” tantang Jokowi.

Fiorentina pun nampak kebingungan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Melihat itu Presiden Jokowi meminta Fiorentina untuk turun ke tempat para menteri yang hadir dan menanyakan nama dan jabatannya.

Dia pun mengikuti perintah presiden tersebut dan turun dari panggung. Sontak aksi ini semakin mengocok perut tamu yang hadir dalam Perayaan Natal Nasional.

Menteri pertama yang Fiorentina datangani adalah Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara. Sambil berbisik Juliari memberitahukan nama dan jabatannya. Hal tersebut langsung disampaikan kepada presiden. “Pak Juliari Menteri Sosial," kata Fiorentina.

Menteri Kedua yang didatanginya adalah Menteri Agama Fachrul Razi. Namun lagi-lagi jawabannya mengundang tawa karena Fiorentina tidak menyebutkan nama Menteri Agama tapi malah sebutan lain. "Pak Jenderal Menteri Agama," lanjut Fiorentina yang membuat SICC kembali riuh.

Tak lama Fiorentina pun meralat jawabannya. "Pak Jenderal (Purn) Fachrul Razi, Menteri Agama," tuturnya.

Lalu menteri ketiga yang didatanginya adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Fiorentina pun dibisiki Pratikno dan berhasil menyebutkan tiga nama menteri dan jawabanya.

Atas aksinya tersebut Fiorentina langsung diganjar dua sepeda sekaligus oleh Presiden Jokowi. Namun lagi-lagi aksi Fiorentina saat mengucapkan terima kasih mengundang tawa. “Terima kasih Pak Menteri,” ucap Fiorentina yang membuat Jokowi tertawa terbahak-bahak.

Jokowi pun memerespons dengan nada bercanda bahwa salah satu sepeda Fiorentina harus diberikan kepada menteri yang membantunya menjawab pertanyaan tadi. “Iya terima kasih ke menteri, nanti satu sepedanya saya kasih ke menteri," seloroh Jokowi. Dita Angga
(cip)
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1362 seconds (0.1#10.140)