Pagi Ini, Pasukan TNI Mulai Bergerak Menuju Palu dan Donggala

Sabtu, 29 September 2018 - 07:30 WIB
Pagi Ini, Pasukan TNI Mulai Bergerak Menuju Palu dan Donggala
Pasukan TNI dan bantuan kemanusiaan diberangkatkan ke Sulawesi Tengah, menggunakan pesawat angkut berat C130 Hercules Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Foto/Marsma TNI Andi Wijaya
A A A
MALANG - Pergerakan pasukan TNI, untuk bantuan kemanusiaan pasca gempa dan tsunami di Palu, dan Donggala, mulai dilakukan dari Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang.

Sejak subuh, menurut Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya, pasukan sudah bersiaga di Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Sabtu (29/9/2018).

"Kami sudah menerima perintah dari Panglima TNI, untuk bersiaga dalam operasi kemanusiaan di Palu dan Donggala, pada Kamis (28/9/2018) malam," tutur Andi.

Marsekal bintang satu ini mengatakan, pesawat-pesawat angkut berat C13 Hercules di Skadron Udara 32, dan pesawat angkut ringan CN 212 di Skadron Udara 4, sudah disiagakan dan siap setiap saat untuk menjalankan misi kemanusiaan ke Palu dan Donggala.

Saat dihubungi SINDONews, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan, sesuai perintah Presiden Joko Widodo, pasukan TNI dikerahkan menuju ke Sulawesi Tengah, untuk membantu para korban bencana.

Pasukan yang diberangkatkan, terdiri dari tim kesehatan beserta rumah sakit terapung, rumah sakit lapangan, dan pasukan zeni. "Pasukan TNI dikerahkan untuk membantu para korban bencana," tegasnya.

Selain mengerahkan pasukan, dia juga mengungkapkan, telah diterbangkan helikopter dari Lanud Hasanudin Makasar, menuju Palu, membawa peralatan radio untuk mendukung komunikasi.

Pesawat Boeing TNI AU dari Skadron Udara 5, juga dikerahkan untuk melaksanakan pemotretan udara dan pemetaan kerusakan akibat bencana gempa dan tsunami.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5463 seconds (0.1#10.140)