Polda Jatim Siap Amankan Malam Pergantian Tahun

Selasa, 31 Desember 2019 - 13:00 WIB
Polda Jatim Siap Amankan Malam Pergantian Tahun
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun baru 2020. Jenderal bintang dua itu menyarankan warga banyak berdoa untuk menjadi pribadi lebih baik.

"Untuk pengamanan tahun baru, kami telah siap dengan berdirinya pos pengamanan (pospam) dan disebarnya anggota kepolisian di sejumlah titik keramaian. Yang jelas kita sudah siap menghadapi pengamanan. Pospam-pospam sudah semuanya berdiri dan anggota sudah tersebar di sejumlah titik," katanya, Selasa (31/12/2019).

Luki menjelaskan, sejauh ini tidak ada objek yang mendapat pengamanan khusus. Sebab, menurutnya semua tempat di Jatim perlu diamankan untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat.

Nantinya, akan ada tim khusus yang berjaga mengawasi kelompok tertentu di malam tahun baru. "Tim yang kami bentuk ini untuk mengawasi kelompok tertentu yang berpotensi membuat suasana tidak aman," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, pada perayaan tahun baru ini pihaknya tengah berfokus pada kasus penyalahgunaan narkoba dan juga pesta miras. "Di tahun baru, Polres- Polres akan melaksanakan pengamanan tetapi tidak luput juga dengan pengawasan peredaran narkoba ini," katanya.

Tak hanya itu, Barung juga mengimbau kelompok tertentu tidak melakukan konvoi dengan menggunakan atribut tertentu. Barung menyebut biasanya kelompok-kelompok ini kerap mengonsumsi miras, dan jika bersinggungan dengan kelompok lain, dikhawatirkan terjadi bentrokan.

"Kita harapkan warga tidak melakukan pawai yang sifatnya komunal kemudian membawa bawa bendera atribut kelompok di jalan. Karena biasanya ini memicu bentrokan," terangnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7412 seconds (0.1#10.140)