Emil Minta Warga Waspadai Bencana Banjir

Kamis, 02 Januari 2020 - 17:02 WIB
Emil Minta Warga Waspadai Bencana Banjir
Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana banjir yang bisa datang setiap saat.

Ini menyusul terjadinya banjir besar yang menerjang Jabodetabek. Namun begitu, orang nomor dua di Jatim itu juga meminta warga tidak panik.

Hal itu disampaikan Emil usai meninjau kesiapan Posko Bencana di Kantor BPBD Jatim Jalan Letjen S Parman Sidoarjo, Kamis (2/1/2020).

Tak hanya itu, Emil menyebut pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi bencana. Untuk itu, Emil meminta masyarakat untuk tenang. "Kami semua bersiap-siap, tetapi apabila warga waspada, maka kondisinya apabila terjadi bencana Insya Allah akan lebih tertata," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jatim menerbitkan imbauan dari laporan BMKG pada 22 November dan ada 15 daerah yang menerbitkan laporan banjir. Ada Mojokerto dan Bojonegoro sudah menerbitkan sedangkan, Madiun belum.

"Kami pastikan bagi yang sudah menerbitkan SK siaga bencana, apakah mereka sudah melakukan langkah-langkah yang dimungkinkan dari adanya SK tersebut untuk mengantisipasi atau meningkatkan kesiagaan," kata Emil.

Selain itu, Emil menyebut pihaknya juga telah mengecek ketersediaan alat-alat evakuasi hingga ketersediaan makanan untuk bencana. "Kami tetap sudah meningkatkan kesiapsiagaan kami, sudah ada inventarisasi segala ketersediaan alat berat, segala ketersediaan alat evakuasi, tadi kami sudah meninjau di sini termasuk kalau banjir yang penting adalah ketersediaan makanan darurat," pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6501 seconds (0.1#10.140)