Kerjasama Ubaya-SPIL Fokus Kembangkan SDM Bidang Logistik dan Pelayaran

Jum'at, 03 Januari 2020 - 16:05 WIB
Kerjasama Ubaya-SPIL Fokus Kembangkan SDM Bidang Logistik dan Pelayaran
Rektor Ubaya, Ir. Benny Lianto dan Finance and Administration Director PT. SPIL, Deddy Wijaya, usai menandatangani kerjasama di Ubaya, Jumat (03/1/2020).
A A A
SURABAYA - Selain dikenal sebagai pintu masuk industri dan perdagangan Indonesia bagian Timur, Surabaya juga dikenal sebagai pusat pendidikan dan industri maritim.

Hal inilah yang menjadi tujuan dikembangkannya kolaborasi antara Universitas Surabaya (Ubaya) dengan industri pelayaran terkemuka di tanah air, PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL). Penandatanganan kerjasama dilakukan di Ruang International Village Building, kampus Ubaya, Jumat (03/1/2020).

Rektor Universitas Surabaya (Ubaya), Ir. Benny Lianto, mengatakan kerjasama tersebut untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat sumber daya manusia (SDM) di bidang logistik dan pelayaran.

“Dengan adanya penandatanganan MoU (kerjasama) antara Ubaya dengan PT SPIL ini, maka pendidikan dan dunia industri akan bersama-sama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang logistik dan pelayaran,” katanya.

Kerjasama ini tidak hanya berisi mengenai praktek kerja lapangan (magang), rekrutmen pegawai dan penelitian bersama. Namun juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam memfasilitasi pengembangan SDM putra daerah di Surabaya.

Pada kesempatan ini, Fakultas Teknik Ubaya bersama PT. SPIL menggandeng Pemkot dalam meningkatkan SDM dengan memberikan bantuan beasiswa melalui program Triple Helix bagi warga kota Surabaya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tingkat Sarjana 1 (S1).

Melalui kerjasama ini, mahasiswa lulusan Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Ubaya yang berhasil lolos seleksi dan telah mengikuti program beasiswa Triple Helix memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan PT. SPIL.

Adanya kerjasama ini membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan sekaligus praktik secara langsung di lapangan agar nantinya mereka siap dalam menghadapi dunia kerja. Kerjasama yang terjalin dengan perusahaan atau industri juga membantu proses penempatan kerja mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki.

PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) sebagai salah satu perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia, juga ingin bekerjasama dengan dunia pendidikan dalam mengembangkan industri pelayaran agar tercipta sebuah inovasi yang kedepannya demi kepentingan masyarakat.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor Ubaya, Ir. Benny Lianto dengan Deddy Wijaya, selaku Finance and Administration Director PT. SPIL, yang didampingi oleh Harry Tjahjono selaku GM Human Capital dan Febrian Darmadi selaku HR Change Agent Manager.

"Kami berharap melalui kerjasama ini, akan terbentuk sinergi yang baik antara kampus, industri, dan bahkan pemerintah daerah setempat., khususnya dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dimana kami beroperasi,” kata Deddy.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8066 seconds (0.1#10.140)