Hujan Lebat dan Angin Kencang di Surabaya, Sejumlah Pohon Bertumbangan

Senin, 06 Januari 2020 - 00:45 WIB
Hujan Lebat dan Angin Kencang di Surabaya, Sejumlah Pohon Bertumbangan
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Hujan lebat disertai angin kencang di Surabaya pada Minggu (5/1/2020) mengakibatkan sejumlah pohon di Surabaya bertumbangan. Pohon tumbang terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kedungdoro, Jalan Prapen, Karang Pilang, dan Wiyung.

Beberapa pohon yang tumbang sempat menimpa mobil dan tiang listrik. Ada juga pohon tumbang ada yang melintang di jalan. Tong sampah juga tampak berserakan. Bahkan terdapat papan reklame yang nyaris roboh dan menimpa tiang listrik di Bundaran Dolog.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Cristijanto mengatakan, dirinya banyak menerima laporan banyak pohon tumbang. Di kawasan Kebraon, pohon tumbang menimpa kabel listrik. Di Jalan Rungkut Asri, pohon tumbang menimpa mobil. Di Jalan Tambak wedi, pohon tumbang juga menimpa kabel listrik.

"Semua anggota ada di sejumlah wilayah. Ada di Tambaksari, Kedungdoro, ada di Wiyung, ada di Karang Pilang. Sekarang proses evakuasi," katanya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, kecepatan angin yang mengakibatkan pohon tumbang mencapai 60 kilometer (km) per jam.

"Kami memprediksi, hujan disertai angin kencang akan terjadi selama sepekan ke depan. Yakni mulai 4 Januari hingga 10 Januari 2020. Ini akibat adanya pola tekanan rendah di Samudra Hindia selatan wilayah Nusa Tenggara. Hal itu menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin," terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem selama sepekan ini. Terutama untuk warga yang bertempat tinggal di daerah pegunungan yang rawan longsor.

"Untuk di daerah pegunungan waspadai dampak tanah longsor bila tanahnya tak tertutup vegetasi, itu bisa menjadi kewaspadaan. Yang beraktivitas di luar hindari pohon-pohon besar," pungkasnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8425 seconds (0.1#10.140)