Prajurit TNI Penjaga Perdamaian Tinggalkan Lebanon

Senin, 06 Januari 2020 - 14:27 WIB
Prajurit TNI Penjaga Perdamaian Tinggalkan Lebanon
Prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL, mengakhiri masa tugasnya di Lebanon. Foto/Dok.Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL
A A A
LEBANON - Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL, akan mengakhiri tugasnya menjaga perdamaian di wilayah Lebanon, dan digantikan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N/UNIFIL.

Komandan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan, mengatakan, rangkaian serah terima tugas diawali dengan penyambutan personel satgas baru di wilayah Lebanon, tepatnya Staging Area Kota Beirut, yang merupakan tempat transit seluruh pasukan dan pelaralatannya sebelum memasuki daerah operasi.

Pada kesempatan tersebut Arfa Yudha Prasetya memberikan penjelasan tentang situasi dan kondisi daerah operasi, serta memberikan penekanan agar seluruh prajurit Garuda segera menyesuaikan diri dengan iklim Lebanon, yang memasuki musim dingin.

"Selain itu, pasukan Garuda saya harapkan mampu berbuat yang terbaik dalam setiap tugas, demi mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia di kancah internasional, untuk menciptakan perdamaian," tegasnya.

Tak lupa juga, dia menyampaikan tentang budaya dan adat istiadat setempat yang harus dilakukan pasukan Garuda dalam menunaikan tugas yaitu 3S (Senyum, Sapa dan Salam). Hal tersebut, selama ini membuat pasukan Garuda mudah diterima oleh warga Lebanon.

Selanjutnya seluruh personel Satgas bergerak menuju Markas Indobatt di UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan, dengan waktu tempuh tiga jam perjalanan. Tiba di Markas Indobatt seluruh prajurit Peacekepeers yang baru melaksanakan sujud syukur yang merupakan tradisi Satgas setibanya di daerah operasi.

Prajurit TNI Penjaga Perdamaian Tinggalkan Lebanon


Usai melaksanakan tradisi penerimaan Satgas baru, seluruh perwira dipimpin Dansatgas lama dan Dansatgas baru memasuki Meeting Room untuk menerima Paparan Dansatgas Yonmek XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya tentang situasi dan kondisi terkini daerah operasi Wilayah Lebanon Selatan, dilanjutkan dengan paparan tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing Perwira Staf.

Melanjutkan proses serah terima Satgas Lama kepada Satgas Baru, pada hari berikutnya Dansatgas Lama didampingi Dansatgas Baru Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, beserta beberapa Perwira Staf melaksanakan Recce (peninjauan) ke Kompi jajaran Indobatt di antaranya UNP 9-63, dan UNP 9-15 Kompi Alfa, UNP 7-3 Kompi Bravo serta UNP 9-2 Kompi Charlie.

Lebih lanjut Arfa Yudha Prasetya mengatakan, untuk melanjutkan hubungan yang telah terjalin baik antara pasukan Indobatt dengan tokoh masayarakat Lebanon juga dilaksanakan KLE (Key Leader Enggagement).

Arfa Yudha Prasetya selaku Dansatgas Lama didampingi Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo sebagai Dansatgas baru, melaksanakan kunjungan ke beberapa Mayor (tokoh pemerintah kota) yang berada di daerah operasi Satgas Indobatt yaitu Mayor Ett Taibe Mr. Abbas Ali Diab dan Mayor Adchit Al Qusayr Mr. Muhammad Sweidan, sehingga hubungan Satgas dengan masyarakat Lebanon tetap terjalin baik.

Guna melengkapi administrasi dalam proses serah terima tugas dan tanggung jawab juga dilaksanakan penyerahan Nota Kesepahaman atau lebih dikenal dengan Memorandum of Understanding (MOU) dari Satgas lama kepada Satgas baru, yang diakhiri dengan pemasangan foto Dansatgas Yonmek XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya di ruang meeting yang juga merupakan tradisi bagi seluruh pejabat Dansatgas Indobatt.

Mengakhiri seluruh rangkaian proses serah terima dilaksanakan acara tradisi pelepasan Satgas Lama di Lapangan Soekarno, dimana seluruh personel yang purna tugas mencium bendera Merah Putih secara bergantian sebagai akhir dari seluruh tugas dan pengabdian Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL sebagai penjaga perdamaian di Lebanon.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1880 seconds (0.1#10.140)