Hari Pertama Sekolah, Prajurit Kostrad Ajak Siswa Papua Senam

Senin, 06 Januari 2020 - 17:07 WIB
Hari Pertama Sekolah, Prajurit Kostrad Ajak Siswa Papua Senam
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, mengajak siswa SD YPK Sota melaksanakan senam pagi di hari pertama sekolah. Foto/Dok.Yonif Mekanis Raider 411
A A A
MERAUKE - Hari pertama sekolah di semester genap, dimanfaatkan para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, untuk berolahraga bersama siswa SD di perbatasan.

Para pelajar di SD YPK Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, begitu riang gembira dan penuh semangat, saat diajak senam pagi bersama para prajurit salah satu satuan elit TNI AD tersebut.

Mereka yang baru saja menikmati libur panjang semester ganjil, dan libur Natal, serta Tahun Baru 2020, langsung bersemangat berolahraga di halaman sekolah, Senin (6/1/2020).

"Untuk menumbuhkan semangat belajar di hari pertama sekolah, setelah melaksanakan libur semester ganjil, para prajurit mengajak murid-murid untuk senam pagi sebelum belajar," ujar Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanias Raider 411 Divif 2 Kostrad Mayor Inf. Rizky Aditya.

Dikatakannya, kegiatan senam pagi yang dilaksanakan oleh empat personel Pos Kout yang dipimpin Dantonkes Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad Letda Ckm. Iwan Debri Setiawan bersama Puskesmas Sota, Koramil Sota, dan Polsek Sota, adalah untuk mengajarkan budaya hidup sehat yang dimulai sejak dini kepada anak-anak sekolah di perbatasan.

Kegiatan senam pagi ini tepat dilaksanakan di hari pertama murid-murid masuk sekolah, setelah dua minggu libur semester ganjil. Bertujuan mewujudkan moto Mensana in corpore sano yang berarti di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat, dalam kehidupan sehari-hari.

"Sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan, terutama kandungan vitamin D nya. Jika siswa sehat fisik maka akan meningkatkan konsentrasi sehingga memudahkannya menangkap pelajaran yang nantinya diberikan guru," ucap Rizky.

Alumni Akmil tahun 2003 tersebut menambahkan, bahwa saat ini hampir sebagian besar waktu anak-anak di rumah dihabiskan untuk menonton televisi dan bermain handphone, sehingga tidak ada lagi waktu melakukan kegiatan fisik berupa olahraga dan senam. Makanya pelru dikampanyekan senam pagi sebelum belajar, supaya nantinya menjadi kebiasaan setiap harinya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD YPK Sota, Semuel Supusepa merasa senang dengan kegiatan senam pagi di hari pertama sekolah yang digelar oleh Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Puskesmas Sota, Koramil Sota, dan Polsek Sota.

"Senam pagi melatih disiplin siswa agar tidak menunda-nunda bangun dan berangkat ke sekolah. Selain itu, akan membuat badan bugar dan segar saat menerima pelajaran di kelas," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0170 seconds (0.1#10.140)