Kali Lamong Banjir, Ratusan Rumah di Mojokerto Terendam

Selasa, 07 Januari 2020 - 08:14 WIB
Kali Lamong Banjir, Ratusan Rumah di Mojokerto Terendam
Kali Lamong di wilayah Kabupaten Mojokerto, meluap dan merendam ratusan rumah warga di dua desa. Foto/Dok.SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
MOJOKERTO - Ratusan rumah warga yang berada didua desa di wilayah Kabupaten Mojokerto, terendam banjir akibat luapan Kali Lamong, yang terjadi pada Selasa (7/1/2020) pagi.

Dua desa yang diterjang banjir tersebut, yakni Desa Banyulegi, dan Desa Pulorejo di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Lokasi dua desa ini berdekatan dengan Kali Lamong.

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga rata-rata mencapai sekitar 50 sentimeter. Warga langsung berupaya mengungsi untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Menurut Kepala Dusun Balong, banjir menggenangi rumah warga sejak pukul 03.00 WIB, setelah wilayah Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Lamongan, diguyur hujan deras pada Senin (6/1/2020) malam.

"Curah hujannya cukup tinggi sejak Senin (6/1/2020) sore, hingga Selasa (7/1/2020) dini hari. Air mulai meluap dii hari. Warga yang sudah lanjut usia langsung diungsikan ke tempat yang lebih aman," tuturnya.

Petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI, dan Pemkab Mojokerto telah berada di lokasi banjir. Mereka menyiapkan berbagai peralatan untuk membantu proses evakuasi warga yang kebanjiran. Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, juga telah menyiapkan posko kesehatan.

Banjir di wilayah Kecamatan Dawarblandong, hampir setiap tahun terjadi. Air di Kali Lamong sering kali meluap ke permukiman warga saat kondisi curah hujan tinggi. Di bulan Januari ini saja, banjir sudah dua kali menggenangi rumah warga.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8421 seconds (0.1#10.140)