Grab Gotong Royong Dukung Penanganan Pascabanjir di Jakarta

Selasa, 07 Januari 2020 - 09:49 WIB
Grab Gotong Royong Dukung Penanganan Pascabanjir di Jakarta
Grab dan Pemda DKI melakukan kerja sama penanganan banjir dan pascabanjir di DKI Jakarta. Foto/Ist/Grab
A A A
JAKARTA - Penyedia aplikasi Grab mendukung Pemerintah DKI Jakarta dalam menangani banjir dan pemulihan pasca-banjir di wilayah DKI Jakarta.

Dalam usaha itu, teknologi Grab akan dimanfaatkan untuk penyebaran informasi terkait lokasi banjir, pemberian bantuan dan logistik terhadap korban banjir, dan Grab juga bekerja sama dengan ACT untuk menyalurkan bantuan yang diberikan pelanggan Grab kepada para korban banjir.

Pelanggan Grab dapat membantu korban banjir dengan menukarkan poin GrabRewards langsung dari aplikasi Grab, donasi yang terkumpul akan disalurkan ke korban banjir melalui ACT.

Itulah pokok-pokok kerja sama strategis Grab dengan Pemerintah DKI Jakarta yang diresmikan beberapa hari lalu di Balai Kota Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandatangani Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta Subejo, disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta mitra strategis lainnya yang turut mendukung upaya bersama yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Grab dan Pemerintah DKI Jakarta juga membahas langkah-langkah strategis yang akan dilakukan untuk peningkatan ketahanan daerah dalam menghadapi bencana.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi orang, kelompok atau perusahaan yang ingin berbuat sesuatu karena pemerintah yang memiliki informasi lengkap sehingga keinginan itu betul-betul menjadi manfaat bagi korban.

Menurut Anie, kolaborasi ini merupakan barang baru. Sebelumnya, pemerintah hanya sekadar memberikan informasi. Lalu pihak lainnya jalan sendiri-sendiri. Karena itu, ini juga pembelajaran bagi kita semua dalam berkolaborasi dalam menanggulangi banjir,” kata Anies.

"Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua yang memilih untuk turun tangan bukan sekedar ulur tangan,” kata Anies.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Jakarta, Grab terus berusaha membantu meringankan dampak banjir yang sedang terjadi.

Melalui teknologi yang kami miliki, Grab dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi seluruh masyarakat, terkait titik-titik yang sedang terdampak banjir, maupun informasi terkait pemberian bantuan yang kerap dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut Neneng, kerja sama ini merupakan bentuk pelaksanaan misi GrabForGood yang bertujuan membawa manfaat positif teknologi bagi semua orang.

Grab saat ini melayani 234 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dengan menyediakan berbagai layanan harian seperti transportasi, logistik, pengiriman makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan, dan lainnya.

Berdasarkan riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, Grab telah berkontribusi sebesar Rp48,9 triliun terhadap perekonomian Indonesia pada tahun 2018.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0570 seconds (0.1#10.140)