Datangi Yonsipur 10, Jenderal Ini Periksa Kesiagaan Bencana

Selasa, 07 Januari 2020 - 18:03 WIB
Datangi Yonsipur 10, Jenderal Ini Periksa Kesiagaan Bencana
Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto memimpin apel gelar kesiap sigaan bencana alam di Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad. Foto/Divif 2 Kostrad
A A A
MALANG - Menghadapi cuaca buruk dan berpotensi terjadinya bencana alam, Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto memantau langsung kesiagaan satuannya.

Jenderal bintang dua ini memimpin langsung apel gelar pasukan untuk kesiap siagaan bencana alam di Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad, yang ada di Kabupaten Pasuruan, Selasa (7/1/2020).

"Apel gelar pasukan ini, bertujuan melihat dan mengecek sejauh mana kesiapan satuan baik personel, materiil, alutsista maupun sarana-prasarana pendukung yang akan digunakan apabila satuan dikerahkan dalam rangka penanggulangan bencana alam," tegas Tri Yuniarto.

Lebih lanjut dia mengatakan, bencana alam terkadang datangnya secara tiba-tiba, namun demikian semua satuan harus tetap berupaya untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana alam.

"Oleh karena itu, setiap personel yang tergabung dalam pasukan siaga bencana, agar setiap saat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim dan perubahan alam yang terjadi, terutama terhadap wilayah rawan bencana di daerah masing-masing," ujarnya.

Di samping melaksanakan berbagai latihan-latihan, guna memelihara kesiapan personel, menurutnya kondisi alat serta perlengkapan penanggulangan bencana alam pun tak kalah penting dan perlu mendapat perhatian khusus. "Laksanakan pengecekan, pemeliharaan, serta pertahankan terus kesiapan teknis alat dan perlengkapan tersebut," tegasnya.

"Tanggap terhadap penanganan bencana merupakan bagian dari bentuk bantuan kemanusiaan, oleh karena setiap prajurit harus siap baik secara fisik dan mental untuk sewaktu-waktu ditugaskan ke daerah yang terdampak bencana," pungkasnya.

Danyonzipur 10 Divif 2 Kostrad, Letkol Czi Dendi Rahmat Subekti mengatakan, Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad akan selalu siap siaga untuk dikerahkan dalam rangka penanggulangan bencana alam, serta bertindak cepat dalam mengatasi setiap perkembangan situasi yang terjadi.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.5188 seconds (0.1#10.140)