Bupati Sidoarjo Terjaring OTT KPK, Ini Respon Khofifah

Rabu, 08 Januari 2020 - 13:40 WIB
Bupati Sidoarjo Terjaring OTT KPK, Ini Respon Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tadi malam melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap sejumlah orang di Sidoarjo. Salah satu dari orang yang diamankan itu adalah Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.
Selain Saiful Ilah, dalam OTT tersebut turut diamankan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo, Arie Suryono, dua ajudan bupati, seorang kontraktor sebuah proyek yang melibatkan Pemkab Sidoarjo dan dua wanita.

Saat ini, Saiful Ilah sudah dibawa ke gedung KPK di Jakarta guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Saiful Ilah merupakan kepala daerah pertama yang terjaring OTT KPK di masa kepemimpinan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Orang nomor satu di Sidoarjo itu juga merupakan kepala daerah ke-14 di Jatim yang terseret kasus di KPK. Mayoritas dari mereka terjerat kasus suap proyek dilingkungan pemerintahan setempat.

Bagaimana respon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait OTT Saiful Ilah? Khofifah usai menggelar rapat koordinasi di ruang VIP Juanda, Sidoarjo meminta menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum. "Saya rasa gitu ya," kata dia, Rabu (8/1/2020).

Sementara itu, Kamis (9/1/2020) Pemprov Jatim akan menggelar acara 'Implementasi pengadaan barang dan jasa serta sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) 80 Tahun 2019' di Grand City Surabaya. Rencananya, acara tersebut akan dihadiri pimpinan KPK.

"Bupati wali kota saya mohon hadir, kepala dinas hingga sekda se Jatim. Harapannya semoga semuanya mendapat penguatan bagaimana menjaga akuntabilitas pemerintahan yang baik. Kira-kira begitu," pungkas Khofifah.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8860 seconds (0.1#10.140)