Di Papua, Para Prajurit Kostrad Bersama Polri Tanam Ribuan Pohon

Minggu, 12 Januari 2020 - 10:30 WIB
Di Papua, Para Prajurit Kostrad Bersama Polri Tanam Ribuan Pohon
Prajurit Divif 2 Kostrad, berkolaborasi menanam pohon untuk penghijauan di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Foto/Dok Penerangan Divif 2 Kostrad
A A A
MERAUKE - Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, turut serta mendukung program penghijauan dengan menanam 1.500 pohon di lingkungan Mapolres Keerom, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Keerom, AKBP Baktiar Joko Mujiono, dan dihadiri oleh Bupati Keerom, M. Markum, unsur Muspida Kabupaten Keerom, TNI-Polri serta masyarakat setempat.

Mewakili Dansatgas Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, Perwira Topografi, Kapten Ctp. Rudito mengungkapkan, bersama 10 personel Pos Komando Utama turut hadir mengikuti kegiatan penghijauan ini, sebagai wujud sinergitas dan mendukung program penghijauan dari Kapolri di lingkungan Mapolres Keerom.

Penanaman pohon yang dilaksanakan juga bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar tampak asri, serta dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Ia menjelaskan, untuk tanaman yang ditanam meliputi pohon durian, rambutan, mahoni, trembesi, sirsat dan sengon.

"Kami sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh Polri, hal ini sebagai wujud sinergitas antar TNI-Polri sehingga akan semakin solid," tutur Rudito.

"Diharapkan dengan adanya penanaman 1.500 pohon ini, dapat membuat lingkungan di Kabupaten Keerom menjadi asri dan sejuk. Sehingga generasi penerus kelak dapat merasakan manfaatnya," imbuhnya.

Di Papua, Para Prajurit Kostrad Bersama Polri Tanam Ribuan Pohon


Sinergitas TNI-Polri untuk penghijauan di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, juga dilakukan oleh prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dan Polsek Sota.

Anggota Polri, dan prajurit TNI, serta masyarakat melakukan penanaman bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional bertempat di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

"Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, bersama-sama dengan Polsek Sota telah melakukan gerakan penghijauan di sepanjang jalan menuju ke PLBN Sota, guna mewujudkan lingkungan yang lebih asri dan sejuk khususnya di Kampung Sota," terang Dantonkes Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Letda Ckm Iwan Debri.

Dia mengungkapkan, bersama 4 personel Pos Kout turut serta menyukseskan program penghijauan dengan menanam sejuta pohon yang dicanangkan oleh Mabes Polri. Juga sebagai bentuk nyata sinergitas guna menjaga kelestarian lingkungan.

Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengatakan, sebagai prajurit TNI yang saat ini sedang bertugas di perbatasan, tentunya akan selalu mendukung gerakan-gerakan positif yang bermanfaat, salah satunya adalah melalui penanaman pohon.

"Menggelorakan gerakan penghijauan, manfaatnya akan sangat banyak bagi anak-anak cucu dan generasi penerus dimasa yang akan datang, melestarikan lingkungan ini harus dimulai dari diri sendiri, dilingkungan masing-masing," terangnya.

Sementara itu usai acara penanaman, Kapolsek Sota, Iptu Makruf Suroto menyampaikan rasa terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad yang telah hadir, dan bersama-sama melakukan penanaman pohon yang merupakan program penghijauan dari Mabes Polri.

"Kegiatan ini bertajuk 'Polri Peduli Penghijauan', merupakan gerakan menaman sejuta pohon yang dicanangkan oleh Mabes Polri, harapannya melalui kegiatan bersama ini juga akan semakin mempererat hubungan silaturahmi dan sinergitas TNI-Polri yang ada diperbatasan," ucapnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8142 seconds (0.1#10.140)