alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jaga Kedalaman Tim, Persebaya Masih Butuh Fullback dan Playmaker

Aan Haryono
Jaga Kedalaman Tim, Persebaya Masih Butuh Fullback dan Playmaker
Wajah baru skuat Persebaya Surabaya yang diharapkan bisa bersaing di Liga 1 musim depan. Foto/Ist

SURABAYA - Persebaya Surabaya harus cepat menambah kebutuhan tim sebelum Liga 1 digulirkan. Ada beberapa sektor permainan yang mereka tidak memiliki kedalaman tim.

Pengamat Sepakbola RN Bayu Aji menjelaskan, Tim Bajol Ijo memang aktif dalam bursa transfer musim ini. Perwajahan baru tampak di berbagai posisi vital.

"Selama ini sektor fullback kanan dan kiri harus dikuatkan. Harus ada pilihan-pilihan yang menguatkan kedalaman skuat," kata Rojil, panggilan akrabnya, Rabu (15/1/2020).



Menurut dia, kebutuhan fullback dalam skema 4-3-3 menjadi penting.  Sebab, kehadiran fullback yang mumpuni akan menambah ketajaman serangan dan juga bertahan dari sisi sayap.

Sampai saat ini, kata dia, baru ada Abu Rizal Maulana yang berposisi sebagai fullback murni. Dua rekannya yakni Rubel Karel Sanadi dan Noval Sasongko tak diperpanjang.

Rojil juga menjelaskan, Green Force saat ini juga mencari playmaker yang bisa menjadi dirijen permainan di lapangan tengah untuk membangun serangan dan mengatur permainan. Persebaya dalam waktu dekat harus segera mendapatkan pemain yang memiliki karakter sebagai pembagi bola.

Kemajuan lainnya, kata Rojil, Pelatih Aji Santoso memberikan optimisme tinggi bagi masa depan pemain muda. Semua itu tak lepas dari catatan perjalanan melatihnya yang selalu memadukan antara pemain senior dan berpengalaman dengan pemain muda.

"Hal ini menjadi nilai lebih dan positif bagi regenerasi skuad. Ada Supriadi yang bermain bagus saat diturunkan musim lalu dan pertandingan persahabatan melawan Persis," kata dia.

Bahkan, Alwi Slamat juga sudah nyetel dengan Persebaya di saat Aji menangani Persebaya musim lalu. Alwi bisa menjadi andalan di musim depan. Sementara itu, pemain muda lainnya seperti Ernando, Koko, Zulfikar dan Ridho juga masuk skuad Persebaya dan menjadi rencana skema Aji.

"Para pemain muda juga harus menunjukkan kemampuan terbaiknya dan dapat menyatu dengan permainan," jelas dia.

Apabila para pemain muda tersebut bisa menimba ilmu dari senior mereka dan konsisten, maka mereka akan menjadikan Persebaya memiliki banyak pilihan pemain dan kedalaman skuatnya menjadi baik.

"Musim depan Persebaya juga bermain di level Asia, jadi butuh kedalaman skuat yang bagus," kata dia.



(nth)

loading...