Kembangkan UKM, PT Darbe Putra Makmur Luncurkan Darbe.id

Rabu, 15 Januari 2020 - 20:08 WIB
Kembangkan UKM, PT Darbe Putra Makmur Luncurkan Darbe.id
Strategic Investment and Corporate Planning Darbe.id, Mochammad Ilham. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - PT Darbe Putra Makmur, pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk., mulai berupaya mengembangkan bisnis barunya dengan meluncurkan darbe.id.

Ini merupakan digital platform yang menjalankan, dan menghubungkan seluruh ekosistem di industri Darbe Group dan bisnis usaha kecil menengah (UKM).

Strategic Investment and Corporate Planning Darbe.id, Mochammad Ilham mengungkapkan, perkembangan UKM saat ini sangat pesat. Namun masih banyak juga UKM yang belum bisa naik kelas menjadi usaha yang besar dan bisa ekspor ke luar negeri.

"Darbe.id ini kedepan diharapkan mampu menjadi business solution partner bagi kebutuhan UKM yang terverifikasi terutama di bidang finansial maupun non finansial," katanya, Rabu (15/1/2020).

Ilham menambahkan, keberadaan darbe.id ini diharapkan mampu membawa angin segar bagi UKM, yang saat ini sering mengalami kesulitan-kesulitan baik dari sisi permodalan maupun tata kelola perusahaan yang baik.

"Di dukung oleh profesional-profesional yang berkompeten dibidangnya dan pengalaman dalam pengembangan bisnis UKM, darbe.id kedepan siap masuk di pasar usaha di industri jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology) dan berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia," jelasnya.

Sementar itu Ilham menceritakan awal kemunculan darbe.id. Berawal di tahun 1998 dari bisnis keluarga di bidang kayu, lalu berhasil menembus ekspor dan empat tahun kemudian di pasar Asia dan Eropa. UKM ini terus berinovasi dan berkembang.

Pada tahun 2008, Darmi melakukan diversifikasi usaha dengan menjajaki bisnis di bidang peternakan ayam potong, yang hingga di tahun 2010 melembagakan bisnis ke dalam sebuah PT yaitu PT Darmi Bersaudara.

Hingga di tahun 2019 perusahaan ini berhasil melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia untuk PT Darmi Bersaudara Tbk.

Pengalaman membangun UKM hingga berhasil menjadi perusahaan Tbk ini, tentu bukan hal mudah. Terutama dalam hal pendanaan, yang merupakan faktor utama dan sering menjadi kendala dalam mengembangkan usaha UKM.

"Hal inilah membuat PT Darmi Bersaudara membuktikannya, sebagai UKM pertama di Jawa Timur yang berhasil menjadi Perusahan Terbuka," tutup Ilham.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6466 seconds (0.1#10.140)