Komodor Yos Sudarso, Suri Tauladan Koarmada II Surabaya

Rabu, 15 Januari 2020 - 20:47 WIB
Komodor Yos Sudarso, Suri Tauladan Koarmada II Surabaya
Upacara peringatan Hari Dharma Samudera, di Dermaga Madura, Markas Koarmada II Surabaya, pada Rabu (15/1/2020). Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Peristiwa heroik pertempuran laut Arafuru, yang terjadi pada 15 Januari 1962 silam, menjadi suri tauladan bagi TNI AL, dan generasi peneus bangsa ini.

Peristiwa bersejarah itu mewariskan nilai besar dan luhur berupa keteladanan, sifat rela berkorban, serta ikhlas dalam bekerja melalui tokoh Komodor Yos Sudarso.

Hal itu disampaikan oleh Panglima Komando Armada II (Pangarmada II), Laksda TNI Heru Kusmanto, saat membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dalam upacara peringatan Hari Dharma Samudera, di Dermaga Madura, Surabaya, Rabu (15/1/2020).

"Hari Dharma Samudera pada hakikatnya merupakan media dalam mewariskan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan NKRI," katanya.

Kasal menerangkan, bahwa di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, tantangan yang dihadapi prajurit sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi semakin kompleks.

"Prajurit TNI AL dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas," tegas Laksamana Siwi.

Menurunya, dalam proses tersebut jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8085 seconds (0.1#10.140)