Ketum PB Esports Didesak Menpora Gelar Kejuaraan Dunia

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:50 WIB
Ketum PB Esports Didesak Menpora Gelar Kejuaraan Dunia
Menpora berharap Ketum PB Esports Indonesia bisa menggelar kejuaraan dunia di Tanah Air. Foto/Dok.Kemenpora
A A A
JAKARTA - Terbentuknya kepenguran Esports Indonesia periode 2020-2024, mendapatkan sambutan positif dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Politisi Golkar itu berkomitmen dapat bersama-sama membangun olahraga esports, menjadi salah satu olahraga yang membanggakan buat negara.

"Tentu pemerintah berkomitmen untuk bersama-sama membangun olahraga Esports ini menjadi salah satu olahraga yang menjadi kebanggaan kita semua. Apalagi pada saat Olimpiade 2024 di Paris nanti, Esports akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan Pak Jokowi sudah memerintahkan kepada kami supaya segera membangun training center untuk cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Dan sekarang ini target kita adalah Olimpiade," kata Menpora dikutip dari laman resmi Kemenpora, Minggu (19/1/2020).

Pernyataan itu disampaikan Menpora saat ia menghadiri pelantikan PB Esports Indonesia 2020-2024 di Jakarta, Sabtu (18/1/2020) kemarin. Dalam sambutannya, Zainudin mengatakan cabang olahraga Esports masuk di dalam catatan pemerintah yang menjanjikan dan menjadi harapan meraih pundi-pundi medali.

"Mudah-mudahan kita awali dari Olimpiade 2024 di Paris nanti, Esports akan bisa menyumbangkan medali untuk Kontingen Indonesia. Apalagi Presiden Jokowi sudah memerintahkan kepada kita (Menpora dan Ketua NOC Indonesia) untuk segera ikut bidding sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032," tambah Menpora.

Menurutnya, dengan pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 maka menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032 bisa terwujud. "Dan saya juga berharap kepada Ketua Umum PB Esports Indonesia untuk mengambil kejuaraan-kejuaraan dunia Esports untuk digelar di Indonesia. Kita tahu beberapa negara yang olahraganya bisa maju karena dia pernah menjadi tuan rumah. Salah satu contohnya China, begitu ia menjadi tuan rumah olimpiade, perkembangan olahraganya sangat luar biasa," paparnya.

Di akhir sambutanya, Menpora titip pesan kepada Ketum PB Esports Indonesia, Budi Gunawan terkait pengembangan ideologi bagi anak muda. Dari hasil survei menyatakan bahwa minat anak muda yang paling tinggi adalah olahraga, maka ia sebagai Menpora bertanggung jawab kepada pemuda.

"Saya menitip kepada Ketum PB Esports Indonesia dan jajaran pengurus Esports agar dimasukkan juga penguatan ideologi dan penguatan karakter serta budaya bangsa di dalam olahraga Esports, karena ini lebih cepat sampainya daripada kita berpidato di depab anak muda," pungkas Menpora.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)