Ini Langkah Khofifah untuk Majukan Industri Tas Tanggulangin

Senin, 20 Januari 2020 - 08:26 WIB
Ini Langkah Khofifah untuk Majukan Industri Tas Tanggulangin
Gubernur Jatim, Khofifah mengunjungi sentra tas Tanggulangin, di Kabupaten Sidoarjo. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berkomitmen menghidupkan sentra industri tas di Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, dan menjadikannya kian maju.

Orang nomor satu di Jatim itu, ingin industri tas Tanggulangin bisa terus eksis di tengah persaingan di era teknologi digital yang begitu keras.

Pada Sabtu (19/1/2020), Khofifah menyempatkan diri berdialog langsung dengan pelaku industri tas Tanggulangin di Koperasi Intako, Industri Tas dan Koper.

Berbincang langsung dengan ketua koperasi tas kulit yang menaungi sekitar 3.000 an perajin, Khofifah banyak menerima masukan dan juga menyerap banyak keinginan para perajin tas agar bisa terus bertahan di persaingan pasar di era digital.

Salah satu kendala yang amat dirasakan sebagaimana disampaikan Ketua Koperasi Intako Mahbub Junaidi pada Khofifah adalah adanya penurunan pembeli. Pasalnya, era digital yang membuat masyarakat bergeser trennya ke belanja online membuat pembeli tas di Intako Tanggulangin menurun hingga 50 persen.

"Saya menangkap bahwa para pelaku industri tas di Tanggulangin ini sebenarnya ada keinginan maju. Mereka ingin bisa terus bersaing dan mendorong agar produk tas mereka tetap diminati pasar," kata Khofifah.

Hasil dari dialog dengan pelaku industri tas di Tanggulangin, setidaknya ada tiga hal yang siap dilakukan Pemprov Jatim dalam mendorong kemajuan sentra industri tas Tanggulangin ini.

Pertama, dijelaskan Khofifah, pihaknya akan mempertemukan perajin kulit dengan pengrajin tas. Rencananya Khofifah akan mempertemukan perajin kulit Magetan dengan perajin tas di Tanggulangin Sidoarjo ini.

"Yang mereka minta sederhana kok, mereka ingin ada pertemuan antara perajin kulit dan perajin tas. Ini belum pernah dilakukan. Maka kita akan pertemukan, rencananya dua kali, pertama nanti di Magetan, dan kedua di Tanggulangin. Supaya perajin tahu sebenarnya kulit seperti apa yang dibutuhkan oleh perajin tas di Tanggulangin, mulai teksturnya, jenisnya warna dan sebagainya. Begitu juga sebaliknya," papar mantan Menteri Sosial ini.

Intervensi kedua yang siap diberikan Pemprov Jatim pada para pelaku industri tas Tanggulangin adalah program sertifikasi tenaga kerja. Program ini akan konek dengan program cipta lapangan kerja Presiden Joko Widodo.

Rencananya, di sentra industri tas Tanggulangin ini akan disediakan kurikulum dan sertifikasi pada siswa SMK yang magang selama enam bulan hingga satu tahun.

"Di Koperasi Intako ini, sebenanya sudah ada anak-anak SMK yang magang, sebulan biasanya ada 20 an anak. Nah, ini kan berkaitan dengan kebutuhan cipta lapangan kerja maka sasarannya adalah yang belum kerja. Jadi saya minta tim Intako membuat proposal agar kita bisa tahu kemampuan Intako seberapa besar dalam memberikan ruang magang," kata Khofifah.

Menurut Khofifah periode magang siswa SMK di koperasi Intako ini antara 6 hingga 12 bulan. Dengan harapan jika mereka sudah selesai magang dan lulus sekolah, ketika ingin membuka lapak sendiri, keterampilan yang dibutuhkan sudah mencukupi.

Oleh sebab itu, di Koperasi Intako tersebut akan disiapkan penyediaan sertifikasi. Khofifah mengaku pihaknya langsung mendiskusikan dengan Kadisperindag yang ikut rombongan kunjungan tersebut dengan Disnaker untuk penyediaan seritifikat tersebut.

"Mereka ingin dibuat keren namanya seperti misalnya Akademi Tanggulangin, tidak masalah. Nah saya ingin anak-anak yang magang bisa dapat sertifikat dengan kurikulum yang terukur. Maka saya minta diidentifikasi cocoknya di sini sertifikatnya apa. Kalau sudah begitu maka menyusun kurikulumnya bisa terang, karena tidak mungkin memberi sertifikat kalau tidak ada kurikulumnya," tegas Khofifah.

Terakhir, langkah yang sedang disiapkan Khofifah untuk sentra industri tas Tanggulangin adalah menyediakan mentor dan tenaga ahli digital IT. Ini untuk membimbing perajin dan penjual tas agar bisa terus eksis dan bersaing di era teknologi digital.

Langkah ini diberikan atas permintaan perajin, yang selama ini mengeluhkan penurunan pembeli hingga 50 persen lantaran pembelinya beralih ke belanja online, bisa teratasi. Sebelumnya, Koperasi Intako sudah pernah melakukan teknik menjual produk secara online. Namun, saat upaya itu dilakukan, yang terjadi justru perajin kewalahan lantaran tidak cukup tenaga kerja saat permintaan meningkat dalam jumlah besar.

"Untuk masuk ke bisnis digital, sekarang ini mereka butuh mentor untuk bisa membimbing bagaimana produk mereka masuk ke pasar online. Dengan harapan mentor tersebut bisa memandu penjualan secara online dan secara kontinyu," tegas ujar Khofifah.

Rencananya pengembangan bisnis digital di sentra industri tas Tanggulangin ini akan dikonekkan dengan program Millenial Job Center (MJC). Khususnya agar di Tanggulangin terbentuk ekosistem usaha dan managemen bisnis digital yang baik. Misalnya mereka tak lagi memproduksi banyak jenis atau model tas, namun siap saat mendapatkan pesanan dalam jumlah besar.

"Kita harap tiga program kita tersebut bisa terus menjaga eksistensi dan meningkatkan daya saing sentra industri tas Jawa Timur sehingga tak kalah di era yang semuanya sudah serba online ini," pungkas Khofifah.

Sementara itu, Ketua Koperasi Intako Mahbub Junaidi membenarkan bahwa, ada penurunan penjualan yang cukup signifikan. Bahkan penurunannya mencapai sekitar 50 persen.

"Kami sebenarnya berniat menyiapkan pelatihan digital, promosi lewat media sosial. Namun kendalanya adalah kemampuan yang terbatas. Oleh karenanya kami berharap ibu gubernur bisa segera memberikan bantuan untuk bisa memajukan usaha tas Tanggulangin ini," kata Mahbub.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5110 seconds (0.1#10.140)