Pilkada Serentak 2020, PKB Targetkan Kemenganan 70%

Senin, 20 Januari 2020 - 13:16 WIB
Pilkada Serentak 2020, PKB Targetkan Kemenganan 70%
Pilkada Serentak 2020, PKB Targetkan Kemenganan 70%
A A A
JAKARTA - Menghadapi pilkada serentak 2020, sejumlah partai politik (parpol) memasang target kemenangan tinggi dalam pilkada September mendatang.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), misalnya, menargetkan kemenangan hingga 70%. Angka ini lebih tinggi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang mematok angka 60%.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Riza mengatakan, proses persiapan pilkada masih terus dilakukan. Saat ini, masih dilakukan proses penjaringan di daerah. Proses itu sekarang sudah hampir selesai. Bahkan, sebagian daerah sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Tidak hanya penjaringan dan fit and proper test, kata Faisol, pihaknya juga melalukan survei untuk mengetahui kekuatan calon yang akan diusung. Survei sangat penting karena akan menjadi panduan dalam mengusung calon dan menjadi acuan dalam mengatur strategi pemenangan.

"Survei untuk memastikan kemenangan," terangnya, Minggu 19 Januari 2020. (Baca juga: PDIP Targetkan 60% Kemenangan di Pilkada Serentak 2020)

Jika semua proses itu sudah selesai, pihaknya baru akan mengeluarkan rekomendasi pencalonan. PKB tidak mau tergesa-gesa dalam mengeluarkan rekomendasi. Bakal calon yang akan diusung harus betul-betul bisa memenangkan pilkada. Bukan hanya mempunyai popularitas, elektabilitas, tapi juga harus mempunyai kualitas dan integritas.

Faisol mengatakan, partainya baru akan mengeluarkan rekomendasi pada Maret nanti. Jadi, Januari-Februari akan dimanfaatkan untuk penjaringan, fit and proper test, dan survei lapangan.
"Setelah itu semua selesai, rekomendasi baru kami keluarkan," ujar anggota DPR itu.

Dalam menghadapi pilkada serentak tahun ini, partainya sudah mematok target kemenangan mencapai 70 persen. Menurut dia, target itu lebih besar dibanding Pilkada 2018 yang hanya 60 persen. "Kami ingin lebih dari sebelumnya. Mudah-mudahan sampai 70 persen kemenangan," terang Ketua Komisi VI DPR RI itu.

Mengenai calon yang diusung, Faisol mengatakan, sebenarnya di beberapa daerah, sudah ada nama yang akan diusung. Namun, dia masih enggan mengungkapkan nama daerah dan calon yang akan diusung. Dia akan menyampaikannya jika sudah waktunya.

Faisol mengatakan, diperkirakan ada 50 kader PKB yang maju menjadi calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Namun, dia belum bisa menyampaikan nama-nama kader PKB yang akan diusung pada pilkada nanti. Tentu, kata dia, dalam mengusung calon, pihaknya akan berkomunikasi dengan partai lain.

Sementara itu, Partai Nasdem masih melakukan survei internal terhadap para calon yang akan diusung. "Kami akan merampungkan survei dulu. Kita lakukan secara menyeluruh," ungkap Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan, survei baru akan rampung pada Februari mendatang. Setelah semua survei diketahui hasilnya, partainya baru akan mengeluarkan rekomendasi siapa saja calon yang akan diusung.

Sebelumnya, PDIP menargetkan 60% kemenangan dalam Pilkada Serentak yang akan digelar pada September 2020 mendatang. Target kemenangan PDIP dalam pilkada serentak ini menjadi salah satu poin rekomendasi yang dihasilkan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta sejak Jumat-Minggu (10-12/1/2020) lalu
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6794 seconds (0.1#10.140)