Masuk Teritorial NKRI Tanpa Izin, F-16 TNI AU Usir 2 Pesawat Asing

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 13:20 WIB
Masuk Teritorial NKRI Tanpa Izin, F-16 TNI AU  Usir  2 Pesawat Asing
Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan dua pesawat F-16 untuk mengusir pesawat asing yang masuk di atas Perairan Natuna. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
PEKANBARU -
Dua pesawat tempur asing memasuki teritorial udara NKRI terdeteksi Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau. Kedua pesawat tadi berhasil diusir keluar.

Dua pesawat tempur milik Lanud langsung diterbangkan untuk mengusir pesawat tempur yang belum diketahui asal negara.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama (Marsma) Rony Irianto Moningka mengatakan dua pesawat asing itu terdeteksi di atas Perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Ada pesawat asing yang terdeteksi masuk teritorial NKRI. Diperkirakan pesawat militer. Kita belum tau dari negara mana," ucap Rony Irianto Moningka di Mako Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan pesawat asing itu terdeksi oleh TNI AU pada Kamis 4 Oktober 2018 sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah melakukan koordinasi dengan Mabes TNI AU, Lanud Roesmin Nurjadin langsung bergerak ke sasaran dengan dua pesawat tempur.

"Kita kerahkan pesawat tempur dari Skadron 16. Kemudian pesawat F-16 mendekati dua pesawat asing itu," imbuhnya.

Namun ternyata, dua pesawat temput asing itu mengetahui kedatangan dua pesawat tempur Indonesia. Pesawat asing tersebut kemudian kabur dan keluar dan Natuna.

"Setelah kedatangan pesawat kita, pesawat asing itu langsung keluar. Setelah itu kita tetap patroli terus untuk memastikan pesawat asing itu tidak muncul lagi," tuturnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9586 seconds (0.1#10.140)