Gubernur Jatim Bersih-Bersih Sungai Buntung, Temukan Ular Piton

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:13 WIB
Gubernur Jatim Bersih-Bersih Sungai Buntung, Temukan Ular Piton
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat bersih-bersih Sungai Buntung Sidoarjo menemukan ular piton. Foto/SINDOnews/Pramono Putra, Temukan Ular Piton
A A A
SIDOARJO - Upaya penyelamatan Bandara Juanda Surabaya dari ancaman Banjir seiring tingginya intensitas hujan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Di antaranya dengan melakukan aksi bersih bersih sungai Buntung, anak sungai Brantas yang menjadi aliran sungai utama di kawasan Sidoarjo Utara.

Dipimpin langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Plt Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin, aksi bersih-bersih Sungai Buntung di kawasan Waru-Sidoarjo ini berlangsung hingga Rabu dinihari.

Sebuah alat berat Excavator dan ratusan pasukan dari BPBD Jatim dam Marinir TNIAL dikerahkan untuk mendukung aksi bersih bersih Sungai buntung ini.

Dalam Bersih bersih Sungai Buntung ini, selain berhasil mengangkat tanaman enceng gondok dan sampah rumah tangga yang menyangkut di aliran sungai, Khofifah juga mendapati sejumlah bangkai binatang yang ikut terangkat excavator. Di antaranya seekor ular piton sepanjang 5 meter yang terangkat exacavator saat pengerukan sungai.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, aksi bersih-bersih sungai buntung di Waru Sidoarjo ini sengaja dilakukan agar kawasan Juanda, khususnya area Bandara tidak tergenang air akibat aliran sungai buntung yang meluap.

“Kami antisipasi jangan sampai Bandara Juanda Banjir saat intensitas hujan tinggi,” kata Khofifah.

Sementara dalam kesempatan itu Khofifah juga meminta kepada plt Bupati Sidoarjo untuk bisa menertibkan bangunan di sepanjang bantaran sungai buntung, agar tidak menjadi pemicu terjadinya banjir. “Kami minta Plt Bupati Sidoarjo untuk memperhatikan kondisi di sepanjang bantaran Sungai Buntung,“ kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7175 seconds (0.1#10.140)