Hadapi Bencana Banjir, Prajurit Lanal Tegal Latihan Selam Dasar

Kamis, 23 Januari 2020 - 18:31 WIB
Hadapi Bencana Banjir, Prajurit Lanal Tegal Latihan Selam Dasar
Prajurit TNI Angkatan Laut berlatih menyelam di Kolam Renang O.W Purwa Hamba Indah Kabupaten Tegal, Kamis (23/1/2020). Foto/Ist.
A A A
TEGAL - Prajurit Lanal Tegal, yang tergabung dalam satgas Bencana Alam Lanal Tegal, mengikuti latihan menyelam dasar di kolam renang O.W Purwa Hamba Indah Kabupaten Tegal.

Latihan tersebut untuk menumbuhkan kecintaan bagi unsur-unsur yang akan mengawaki di satuan kerja dibawah Lantamal V yang berkecimpung dengan dunia air.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal, Letkol Mar. Ridwan Azis mengatakan, latihan selam dasar ini untuk mempertajam kemampuan personel, mengingat selam termasuk keahlian yang harus dikuasai oleh setiap individu prajurit.

Apalagi, lanjutnya Tegal termasuk wilayah dengan banyak sungai dan perairan laut. Sehingga latihan tersebut sekaligus untuk mempersiapkan diri sedini mungkin jika terjadi bencana banjir.

"Dengan kemampuan menyelam, maka kita akan siap selalu manakala sewaktu waktu kita diberangkatkan untuk membantu masyarakat yang terkena banjir dan ada korban," katanya.

Menurut Ridwan, selain untuk persiapan evakuasi, kemampuan menyelam dapat menumbuhkan kecintaan terhadap kekayaan sumber daya alam yang ada di air.

"Kami berharap ke depannya olah raga selam mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat bahari di Tegal," tukasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6662 seconds (0.1#10.140)