Gubernur Khofifah Pastikan Kondisi 9 Mahasiswa Unesa di Wuhan Sehat

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:02 WIB
Gubernur Khofifah Pastikan Kondisi 9 Mahasiswa Unesa di Wuhan Sehat
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memukul bedug saat meresmikan renovasi Masjid Muayyad di Jalan Wonocolo Pabrik Kulit. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Sebanyak 9 orang mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Wuhan, China dipastikan dalam keadaan sehat. Mereka merupakan penerima beasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di Central China Normal University (CCNU) Wuhan.

Serangan virus Corona membuat mereka terisolasi dan aktivitasnya dibatasi. “Jadi pak rektor (Unesa) sudah mengkomunikasikan (pada saya), mereka sudah ada didalam satu ruangan. Jadi saya rasa pak rektor akan terus mengkomunikasikan dan kita minta pak rektor untuk pastikan bahwa merela didalam satu perlindungan yanng aman. Sejauh yang dapat saya konfirmasi mereka sehat,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seusai meresmikan renovasi Masjid Muayyad di Jalan Wonocolo Pabrik Kulit, Minggu (26/1/2020).

Terpisah, Rektor Unesa Prof Nurhasan memastikan 9 sembilan mahasiswanya yang sedang mengambil beasiswa bahasa Mandarin di CCNU Wuhan ini dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi virus corona. Ke-9 mahasiswa tersebut saat ini masih tinggal di Wuhan dan sudah ada penanganan dari kampus setempat. "Alhamdulillah, mereka semua dalam kondisi sehat. Kami terus memantau kondisi mereka," kata dia.

Di CCNU, kata dia, memang sudah ada penanganan tersendiri dari kampus kepada mahasiswanya, khususnya mahasiswa asing. Di kampus setempat, kata dia, terdapat ada alat pengukur suhu di setiap asrama dan ada pengecekan khusus setiap malam. Kemudian ada pendamping untuk setiap lantai pada tiap dormitory. Jadi sudah cukup menjaga, meskipun kenyamanannya berkurang.

“Kami telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait seperti KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di China untuk memantau kondisi mahasiswa,” kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2538 seconds (0.1#10.140)