Virus Corona, DPR Minta Pemerintah Cegah Turis China Masuk

Minggu, 26 Januari 2020 - 17:25 WIB
Virus Corona, DPR Minta Pemerintah Cegah Turis China Masuk
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar sebaiknya pemerintah mencegah masuknya turis asal China ke Indonesia menyusul merebaknya virus corona. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR menyoroti penyebaran virus Corona (2019-nCov) asal Wuhan, China yang sudah mencapai negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar sebaiknya pemerintah mencegah masuknya turis asal China ke Indonesia.

“Hari ini saya dengar ada 160 turis asal China yang masuk ke Sumateta Barat padahal, menurut saya pemda bisa saja koordinasi dengan pemerintah pusat atau mengambil langkah karena, ini (Corona) belum ada penangkalnya,” kata Dasco, Minggu (26/1/2020).

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, pemerintah Indonesia perlu mengambil langkah preventif sama dengan beberapa negara lainnya dalam rangka mencegah masuknya virus yang tergolong baru tersebut. “Perlu juga langkah preventif sama seperti negara lain yang kemudian melakukan tindakan pencegahan seperti Filipina,” usul dia.

Dasco menyayangkan sikap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang membiarkan 160 turis asal China itu menetap di Sumbar. Dia khawatir jika ada di antara turis tersebut membawa virus itu dan menularkannya pada masyarakat Sumbar.

“Seharusnya hari ini Gubernur Sumbar meminta kepada turis tersebut untuk tidak stay di Sumbar. Karena, apabila di sana ada yang terkena kemudian menyebar di sana begitu kan bisa dengan cepat menyebar ke daerah lain, daerah Sumatera misalnya,” kata dia dengan nada menyesal.

Dia mengatakan, tindakan preventif memang (perlu), demi menjaga rakyat Indonesia yang banyak ini adalah sementara tidak menerima dulu (turis China).
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)