Ternyata Kota Lamongan Sudah Berdiri Sebelum 1569 Masehi

Senin, 08 Oktober 2018 - 16:28 WIB
Ternyata Kota Lamongan Sudah Berdiri Sebelum 1569 Masehi
Bupati Fadeli saat menerima dan berbincang santai dengan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang (UB) Agus Sunyoto di ruanganya,Senin (8/10/2018).. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan.
A A A
LAMONGAN - Ternyata umur Kabupaten Lamongan lebih tua dari yang selama ini diperingati, 26 Mei 1569. Tetapi sudah ada sebelum 1559 Masehi saat Kerajaan Giri Kedaton diperintah Sunan Giri IV.

Penegasan itu disampaikan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang (UB), Agus Sunyoto, dalam Sarasehan Budaya dan Ekspedisi Gajah Mada oleh Lembaga Kajian Seni Budaya Ke-Islaman (Legian) di Desa Banjarwati Kecamatan Paciran, Lamongan, kemarin.“Jadi usia Kabupaten Lamongan lebih tua dari yang diyakini selama ini,” katanya,Senin (8/10/2018).

Ketua Pengurus Pusat Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) itu menambahkan, nama Lamongan sudah tersebut jauh sebelum 1559. “Berdasarkan prosesi wisuda Ronggo Hadi sebagai adipati lamongan pertama dengan gelar Tumenggung Surajaya oleh Sunan Giri IV,” ungkap dia.

Agus Sunyoto menambahkan, bila analisisnya pada Babad Gresik, dalam Serat Kekancingan Kyayi Toemenggoeng Poesponegoro. Bupati Gresik Pertama yang memerintah mulai 1688 hingga 1696.

Disebutkan dalam naskah tersebut, Sunan Dalem atau Sunan Giri II mengirimkan Panji Laras dan Panji Liris bersama sejumlah pasukan ke Lamongan untuk bertempur dengan Pasukan Adipati Sengguruh yang akan menggempur Giri.

Menyikapi itu, Bupati Fadeli memberi respons positif adanya fakta baru sejarah Lamongan tersebut. Menurut dia, harus ada sarasehan tersendiri, terkait sejarah Lamongan.

“Bukan Kami ingin mengatakan bahwa penetapan 26 Mei 1569 sebagai hari lahir Lamongan itu keliru. Namun kalau ternyata ada fakta sejarah lain, yang didukung dengan bukti yang kuat, perlu ada pelurusan sejarah,“ kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0974 seconds (0.1#10.140)