Duka Menyelimuti NBA, Ini Sederet Prestasi Kobe Bryant

Senin, 27 Januari 2020 - 07:14 WIB
Duka Menyelimuti NBA, Ini Sederet Prestasi Kobe Bryant
Kabar meninggalnya Kobe Bryant menggemparkan dunia. Legenda NBA yang 20 tahun berseragam Los Angeles Lakers itu dikenal sebagai pemain denganbanyak prestasi. Foto/Dok.NBA
A A A
CALIFORNIA - Duka cita menyelimuti NBA, atas meninggalnya Kobe Bryat. Segudang prestasi mampu ditorehkannya, selama 20 tahun berseragam Los Angeles (LA) Lakers.

Kobe muda mengawali karier basket profesionalnya di Lower Merion High School, Pennsylvania. Pemuda kelahiran Philadelpia, 23 Agustus 1978 itu punya ambisi besar mengikuti jejak ayahnya yang seorang pebasket NBA.

Pebasket berjuluk Black Mamba mengawali karier profesional setelah dinyatakan layak lolos seleksi NBA Draft pada 1996. Kobe terpilih oleh salah satu klub bersejarah, Charlotte Hornets. Namun setelah dinyatakan lolos seleksi, ia justru dijual ke Los Angeles Lakers 15 hari setelahnya.

Sejak saat itu, Kobe terus mengasah bakatnya melempar bola ke dalam keranjang bersama skuat muda Lakers. Ia bahkan langsung merebut hati penggemar dengan memenangkan kontes slam dunk pada tahun 1997.

Bersama Shaquille O'Neal, Kobe membawa Lakers merebut cincin juara NBA dalam tiga musim beruntun, yakni tahun 2000 hingga 2002. Namun, tidak lama kemudian terjadi perseteruan di antara keduanya yang membuat Shaq pindah ke Miami Heat.

Pada 2006, Bryant mencetak poin tertinggi sepanjang kariernya. Ia memborong 81 poin dalam pertandingan melawan Toronto Raptors. Angka ini jadi poin tertinggi kedua dalam sejarah NBA -yang dicetak dalam satu pertandingan, setelah rekor Wilt Chamberlain mencetak 100 poin untuk Philadelphia di tahun 1962.

Selama dua dekade, Kobe Bryant membantu Los Angeles Lakers memenangkan lima kejuaraan NBA dan 18 kali tampil di All-Star Games sebelum pensiun pada 2016.

Untuk menghormati jasanya, ketika pensiun, Los Angeles Lakers mempensiunkan dua nomor yang digunakan Kobe yakni 8 dan 24. Dikutip ESPN, Kobe menjadi pemain kedua yang nomornya dipensiunkan oleh Lakes

Hari-Hari Setelah Pensiun

Setelah pensiun, Kobe cukup jarang muncul di hadapan publik. Namun dia sering berkunjung ke Italia untuk mengenang masa-masa kecil. Kobe memang diketahui pernah menghabiskan masa kecilnya di sana.

Pada saat itu, Bryant yang hobi mengoleksi mobil menghabiskan masa pensiunnya dengan menjajal Ferrari F12tdf dan Ferrari GTC4Lusso. Dia juga sering mengajak putrinya, Gianna Maria-Onore Bryant (Gigi Bryant) menonton pertandingan NBA ketika pulang ke Amerika.

Gigi dilaporkan ikut tewas dalam kecelakaan helikopter di perbukitan Calabasas, California, Senin (27/1/2020) dini hari waktu Indonesia. Kabar yang beredar menyebut Kobe dan Gigi bersama tiga penumpang lain hendak menonton pertandingan NBA ketika musibah itu datang.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7646 seconds (0.1#10.140)