Waspada Corona, Puskesmas dan Rumah Sakit Blitar Siapkan Ruang Isolasi

Senin, 27 Januari 2020 - 14:49 WIB
Waspada Corona, Puskesmas dan Rumah Sakit Blitar Siapkan Ruang Isolasi
ilustrasi
A A A
BLITAR - Kabar merebaknya virus Corona di sejumlah negara memaksa Dinas Kesehatan Kota Blitar melakukan kesiap siagaan. Seluruh fasilitas kesehatan mulai puskesmas hingga rumah sakit diminta untuk menyediakan ruang isolasi khusus Corona.

Menurut Didik Junianto, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, langkah yang diambil sebagai bentuk antisipasi kewaspadaan. "Semua harus bersiaga dalam menghadapi kondisi," ujar Didik kepada wartawan Senin (27/1/2020).

Ketika menjangkiti manusia, virus Corona menimbulkan gejala batuk, demam dan susah bernafas bagi penderitanya. Virus ini berasal dari keluarga penyebab flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Virus Corona ditemukan pertama kali dan mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Salah satu penyebaran virus yang sudah menelan banyak korban jiwa ini ditengarai melalui kebiasaan mengkonsumsi satwa liar.

Didik menegaskan, sejauh ini di Kota Blitar belum ada laporan adanya pasien yang terindikasi terinfeksi Corona. Blitar dipastikan masih aman. "Yang penting kita siapkan dulu ruang isolasi termasuk alat pelindung diri bagi petugas medis, "terangnya.

Selain ruang isolasi, Didik juga meminta petugas medis di lapangan untuk memahami gejala klinis Corona berikut cara penanganannya. Termasuk ketika terjadi kasus, petugas mampu mengidentifikasi riwayat pasien kenapa sampai tertular.

"Meskipun jika ditemukan kasus akan langsung ditangani provinsi, petugas medis di daerah harus tetap memahami hal ini, "jelas Didik. Meski seruan waspada dan kesiagaan telah digulirkan, Didik menghimbau warga untuk tidak panik.

Warga diminta untuk tetap waspada sambil terus menjalankan pola hidup sehat. "Meskipun waspada, warga hendaknya tetap tenang, tidak perlu panik. Yang penting pola hidup sehat senantiasa terjaga, "kata Didik.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6328 seconds (0.1#10.140)