Dihadapan Jokowi, Khofifah Sebut Sertifikasi Tanah Tuntas 2024

Senin, 27 Januari 2020 - 22:49 WIB
Dihadapan Jokowi, Khofifah Sebut Sertifikasi Tanah Tuntas 2024
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara penyerahan sertifikat tanah di Kabupaten Gresik. Foto/Ist.
A A A
GRESIK - Di awal tahun 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2.020 sertifikat tanah untuk masyarakat Gresik, Lamongan, Bangkalan, Surabaya, dan Sidoarjo.

Didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Senin(27/1/2020)

Sertifikat tanah sebanyak 2.020 diberikan dengan rincian, 2.000 sertifikat tanah masyarakat, serta 20 aset pemerintah daerah dan kabupaten. Untuk 20 aset pemerintah daerah diserahkan langsung presiden, dan diterima langsung oleh kepala BPKAD Jawa Timur Bobby Soemiarsono.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah menargetkan pada tahun 2024 semua bidang tanah di Jatim sudah tersertifikat. Khofifah juga meminta agar sertifikat yang sudah diterima digunakan sebagaimana mestinya. Sertifikat bisa digunakan untuk agunan. "Sertifikat bisa digunakan untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat," katanya.

Secara keseluruhan pada tahun 2019 sudah ada 11.200.000 bidang tanah yang sudah disertifikatkan. Masih ada 9,4 juta bidang tanah yang belum bersertifikat. Sementara itu, di Gresik 51 persen tanah sudah terdaftar. Masih ada 383.000 bidang tanah yang sedang disertifikatkan. Targetnya empat tahun mendatang sudah selesai semua.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta, bagi masyarakat yang sudah memegang sertifikat, untuk berhati hati saat menggunakannya. Sertifikat boleh dijadikan agunan hanya untuk modal usaha, investasi dan modal kerja.

"Sertifikat tanah, jangan diagunkan hanya untuk. konsumtif seperti membeli mobil. Gunakan untuk usaha, baru keuntungan dari usaha tersebut digunakan untuk membeli mobil dan kepentingan lain," katanya.

Jokowi meminta, bagi yang sudah memiliki sertifikat untuk merawatnya. Sertifikat yang sudah dipegang dibungkus plastik agar tidak rusak. Kemudian di fotokopi dan disimpan di tempat yang aman. "Tujuan dari di fotokopi adalah apabila hilang bisa diurus dengan mudah," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil menegaskan, seluruh tanah di Jatim ditargetkan akan bersertifikat semua pada tahun 2024. Target tersebut merupakan perintah Presiden RI yang wajib dilaksanakan. "Masyarakat harus bersabar karena proses sertifikasi tanah terus dilakukan sampai tuntas," jelasnya.

Masyarakat yang sudah memiliki sertifikat, diminta untuk berhati-hati dalam penggunaannya. Sebagai contoh apabila digadaikan di bank. Masyarakat harus menghitung dengan rinci dan diukur berapa keperluannya, dan kemampuan membayar tiap bulannya. Apabila tidak bisa membayar angsuran tiap bulan, maka tanah akan hilang dan dilelang bank. "Gunakan sertifikat untuk modal usaha, jangan untuk konsumtif," lanjutnya.

Adanya program Tanah Sertifikat Langsung (PTSL) memberikan banyak manfaat, bukan hanya bagi masyarakat tapi juga pemerintah. Di antaranya diketahui batas desa jelas, meminimalisir sengketa tanah lebih mudah diselesaikan, tata ruang meningkat dan meningkatkan pinjaman uang perbankan untuk modal usaha.

Pada tahun 2018, dari sertifikat yang dijadikan jaminan sebesar Rp91 triliun. Angka tersebut meningkat pada tahun 2019 yaitu sebesar Rp109 triliun. "Dengan masyarakat memiliki sertifikat, masyarakat bisa menjadikan sebagai agunan. Meskipun sebelumnya belum mempunyai akses perbankan," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8255 seconds (0.1#10.140)