Waspada Virus Corona, PD Pasar Surya Sebar Masker untuk Pedagang

Kamis, 30 Januari 2020 - 06:18 WIB
Waspada Virus Corona, PD Pasar Surya Sebar Masker untuk Pedagang
Para pedagang di pasar tradisional di Kota Surabaya dibagikan masker oleh PD Pasar Surya. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Langkah antisipasi terhadap penyebaran wabah virus corona dilakukan PD Pasar Surya. Mereka membagikan masker pada semua pedagang di pasar tradisional.

Bahkan, di seluruh pasar yang dikelola PD Pasar Surya telah ditempeli selebaran. Selebaran itu berisikan beberapa cara untuk pencegahan virus tersebut. Selebaran itu juga sekaligus upaya sosialisasi kepada seluruh pedagang dan pengunjung di pasar.

"Selain dengan selebaran, sosialisasi juga kami lakukan dengan pengeras suara," kata Plt Direktur Utama PD Pasar Surya Muhibuddin, Rabu (29/1/2020).

Ia melanjutkan, PD Pasar Surya juga membagi-bagikan masker sebagai penutup hidung dan mulut. Selain itu, PD Pasar Surya juga membagikan kaos tangan kepada pedagang.

Menurut Muhibuddin, masker dan kaos tangan itu lebih diprioritaskan kepada pedagang dengan jenis jualan basah. Yakni, pedagang ikan, daging dan unggas.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) RI, virus corona diduga penularannya dilakukan dari hewan ke manusia. Dalam kasus yang diketahui muncul di Wuhan, China itu, semua yang terkena virus iti memiliki riwayat kontak dengan hewan.

"Tetapi kami juga membagikan masker dan kaos tangan itu kepada pedagang dengan jenis jualan kering," ucapnya.

Sementara itu, dalam selebaran yang ditempelkan di pasar-pasar, isinya tentang gejala virus corona. Gejala virus tersebut misalnya demam, batuk pilek, gangguan penapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Sedangkan upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah sering mencuci tangan menggunakan sabun. Langkah pencegahan lain yakni mengkonsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah.

Berikutnya, rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Selanjutnya yang harus diperhatikan berkaitan dengan hewan adalah hindari atau jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak. Selain itu selalu berhati-hati bila kontak dengan hewan.

Tak kalah penting, gunakan masker dan kaos tangan. "Karena itulah sebagai langkah pencegahan, kami membagi-bagikan masker dan kaos tangan," jelasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9001 seconds (0.1#10.140)