Kondisi Membaik, Pasien Diduga Terpapar Corona Dibolehkan Pulang

Jum'at, 31 Januari 2020 - 08:34 WIB
Kondisi Membaik, Pasien Diduga Terpapar Corona Dibolehkan Pulang
Tim medis mengevakuai pasien menuju ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien terduga terinfeksi virus corona di RSUP Dr Kariadi Semarang, Kamis (30/1/2020). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Seorang pasien terduga terinfeksi virus corona yang sempat dirawat di RSUP Dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, akhirnya diperbolehkan pulang.

Hal ini setelah kondisinya yang sudah baik dan telah dipastikan negatif corona setelah diobservasi selama tiga hari. Pasien yang sempat diobservasi itu merupakan mahasiswa S3 di Wuhan.

Menurut Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP Dr Kariadi, Muchlis Achsan Udji, pasien tidak menunjukkan gejala ke arah infeksi corona selama dalam pemeriksaan tiga hari.

"Pemeriksaan klinis menunjukkan hasil baik. Pasien diperbolehkan pulang dengan membawa bukti laboratorium negatif," kata Muchlis usai simulasi penanganan pasien terduga virus corona di RSUP Dr Kariadi Semarang, Kamis (30/1/2020).

"Karena hari ketiga tidak panas dan klinis bagus, tentu dipulangkan. Sejak pasien datang juga tidak panas. Bahkan batuk dan pilek juga tidak. Kami foto rontgen baik-baik saja, karena secara klinis juga tidak mengarah keinfeksi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, meski RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto masih merawat satu pasien diduga terinfeksi virus corona, namun kondisinya sudah mulai membaik.

"Secara klinis, kondisinya sudah baik.Tidak panas dan tidak batuk. Rencana dalam satu dua hari ini bisa dipulangkan. Pasien adalah warga Tiongkok yang datang bersama keluarga karena ada keluarga bekerja sebagai pekerja asing di Cilacap," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8729 seconds (0.1#10.140)