Terhitung Hari Ini, Inggris Keluar dari Uni Eropa

Jum'at, 31 Januari 2020 - 11:34 WIB
Terhitung Hari Ini, Inggris Keluar dari Uni Eropa
Demonstran anti-Brexit memegang spanduk dan bendera berdemonstrasi di luar Gedung Parlemen di London, Inggris, 30 Januari 2020. Foto/REUTERS/Antonio Bronic
A A A
LONDON - Terhitung hari ini, Jumat (31/1/2020), Inggris meninggalkan Uni Eropa untuk masa depan Brexit (British Exit) yang tidak pasti.

Kondisi ini adalah langkah geopolitik yang paling signifikan sejak hilangnya kerajaan dari sistem politik dan pukulan 70 tahun upaya untuk menempa persatuan Eropa dari reruntuhan dua perang dunia.

Negara tersebut hengkang dari klub Eropa tempatnya bergabung sejak tahun 1973. Pada suatu pukulan, Uni Eropa akan kehilangan 15 persen dari ekonominya, pemboros militer terbesarnya dan ibu kota keuangan internasional, London.

Perceraian ini akan membentuk nasib Inggris dan menentukan kekayaannya untuk generasi yang akan datang.

"Ini adalah saat ketika fajar menyingsing dan tirai ditutup pada babak baru," kata Perdana Menteri Boris Johnson yang akan menyampaikan pidatonya di televisi. Dia telah memberikan sedikit petunjuk tentang rencana pasca-Brexit di luar kata-kata inspirasional.

"Ini adalah awal era baru," ujar Johnson, salah satu pemimpin utama kampanye "Leave" pada 2016, seperti dikutip Reuters.

Di luar simbolisme untuk mundur dari keanggotaan selama 47 tahun lamanya, hanya sedikit yang benar-benar akan berubah hingga akhir tahun 2020, di mana saat itu Johnson telah berjanji untuk mencapai kesepakatan perdagangan bebas yang luas dengan Uni Eropa, blok perdagangan terbesar di dunia.

Bagi para pendukung, Brexit adalah mimpi "hari kemerdekaan" bagi Inggris yang melarikan diri dari apa yang mereka sebut sebagai proyek yang didominasi oleh Jerman.

Referendum Brexit Juni 2016 menunjukkan sebuah negara yang terpecah dan memicu pencarian jiwa tentang segala sesuatu dari pemisahan diri dan imigrasi ke kapitalisme, kekaisaran dan Britishness modern.

Begitulah keparahan kehancuran Brexit sehingga sekutu dan investor dibiarkan takjub oleh negara yang selama beberapa dekade disebut-sebut sebagai pilar percaya diri stabilitas ekonomi dan politik Barat.

Di dalam negeri, Brexit telah menguji ikatan yang mengikat Inggris Raya; Inggris dan Wales, dalam memilih untuk meninggalkan blok Eropa. Namun, Skotlandia dan Irlandia Utara memilih untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa.

Jadi pada "Brexit Day", beberapa pihak akan merayakan dan beberapa pihak lainnya akan menangis, tapi banyak warga Inggris tidak melakukan keduanya.

Johnson akan memimpin rapat kabinet di Sunderland, kota pertama yang menyatakan dukungan untuk Inggris meninggalkan Uni Eropa dalam referendum Juni 2016. Brexiteers akan merayakannya di Parliament Square sementara beberapa lawan Brexit juga akan berkumpul.

Bendera nasional Inggris, Union Jack, yang berkibar di gedung Dewan Eropa di Brussels akan diturunkan pada pukul 19.00 malam (18.00 GMT) pada hari Jumat.

Parlemen Eropa berencana untuk menempatkan salah satu bendera Inggris-nya di House of European History, museum terdekat sejarah benua itu sejak Revolusi Prancis 1789.

Setelah kegagalan berulang-ulang dari “Remainers" untuk menyatukan, mengatur atau memenangkan pemilihan, harapan utama orang Eropa adalah dampak ekonomi dari kepergian akan meyakinkan generasi baru untuk merencanakan cara kembali ke dalam kawanan.

Dengan kesedihan, beberapa dukungan untuk Brexit dan bahkan harapan untuk kembali, orang-orang Eropa dari 27 anggota Uni Eropa yang tersisa mengucapkan selamat berpisah.

“Saya sangat menyesal Inggris keluar. Saya pikir itu adalah hal yang sangat, sangat buruk bagi Eropa, untuk Inggris, untuk semuanya," kata Sara Invitto, dari Milan. "Selamat tinggal!"
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5777 seconds (0.1#10.140)