Serunya Minum Teh ala Jepang di SD Muhammadiyah Kreatif Surabaya

Jum'at, 31 Januari 2020 - 13:37 WIB
Serunya Minum Teh ala Jepang di SD Muhammadiyah Kreatif Surabaya
Siswa-siswi SD Kreatif menyaksikan keseruan penyuguhan teh ala Jepang di sekolahnya, Jumat (31/1/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Tradisi minum teh di negara Jepang memang unik. Hanya untuk menikmati segelas teh saja harus sabar menunggu Chanoyu menyajikannya.

Maklum saja, tradisi minum teh di Jepang memiliki makna kehidupan yang sangat dalam dan sebuah ajaran tata krama yang baik, di samping banyaknya manfaat upacara ini dalam bidang kesehatan.

Keunikan itulah yang membuat siswa-siswi SD Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya begitu antusias menyaksikan demonstrasi penyajian teh yang diperagakan oleh mahasiswa sastra Jepang Unitomo Surabaya.

Serunya, mahasiswa memperagakan cara penyajian teh dengan berbusana kinomo.

Humas SD Muhammadiyah 16 Surabaya, Agus Mulyadi, mengatakan, kegiatan minum teh ala Jepang tersebut untuk mengenalkan budaya Jepang kepada siswanya.

"Di sini kan ada mata pelajaran bahasa Jepang, jadi supaya siswa-siswi dapat belajar langsung salah satu kebudayaan Jepang," kata dia.

Usai menyaksikan keseruan penyajian teh ala Jepang, siswa juga dikenalkan tulisan kanji. Praktik penulisan huruf Kanji ini dipandu langsung oleh guru-guru asli dari Jepang yang sedang berkunjung di SD Kreatif.

Tak kalah menarik, siswa -siswi juga memperlihatkan kepiawaiannya dalam memainkan musik karawitan.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3051 seconds (0.1#10.140)